Jusuf Kalla Dianggap Membebani Jokowi Bukan Menaikan Popularitasnya


Koordinator Gerakan Indonesia Bersih Adhie Massardi menilai klaim bahwa Joko Widodo sudah resmi berpasangan dengan Jusuf Kalla sebagai bentuk kampanye hitam. Menurut Adhie, sosok mantan Ketua Umum Partai Golkar itu justru akan menjadi beban bagi pencalonan Jokowi, nama panggilan Joko Widodo.

“Gambar Jokowi-JK bisa membuat kalangan progresif pendukung Jokowi menarik diri,” kata Adhie, Sabtu, 26 April 2014. Dia berpendapat, selain sudah terlalu tua, sosok Kalla juga dianggap politikus yang antirakyat. Bahkan, Jusuf Kalla dikenal sebagai politikus yang antisubsidi, terutama untuk bahan bakar minyak dan gas.

Mantan juru bicara Presiden Abdurrahman Wahid ini menjelaskan Kalla adalah tokoh bisnis yang usahanya mengalami pertumbuhan pesat ketika menjadi wakil presiden mendampingi Susilo Bambang Yudhoyono pada 2004-2009. Adhie juga menganggap Kalla tidak jelas sikapnya terhadap korupsi, kolusi, dan nepotisme. “Agar tidak ada lagi serangan kepada Jokowi, PDIP perlu segera menyampaikan nama calon wakil presiden yang pasti,” ucapnya.

Menurut dia, Jokowi yang disimbolkan sebagai tokoh prorakyat seharusnya disandingkan dengan figur yang memiliki rekam jejak prorakyat juga. Adhie berharap tokoh yang mendampingi Jokowi tidak pernah menjadi musuh masyarakat, baik dari kalangan sipil maupun militer.

Nama Kalla santer dikabarkan segera diumumkan menjadi calon wakil presiden Jokowi. Baik petinggi PDIP maupun Jokowi tak pernah membenarkan atau membantahnya. PDIP hanya memastikan pengumuman menunggu hasil akhir perolehan suara partai dalam pemilihan umum 9 April lalu. Keinginan calon wakil presiden yang berusia tak jauh dari Jokowi juga muncul dari kader dan simpatisan PDIP Pro-Jokowi (Projo).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s