Cara Membedakan Masakan Yang Memakai Daging Babi dan Sapi


Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama punya tip untuk membedakan daging celeng dan sapi. “Saya sih enggak tahu, tapi ini tip dari teman,” kata Ahok di Balai Kota pada Selasa, 6 Mei 2014.

“Kalau bumbunya sembarangan atau malah salah bumbu terus dimakan enak itu berarti daging celeng,” ujar Ahok berseloroh. Nah sebaliknya, menurut Ahok, daging sapi jika salah bumbu pasti merusak rasa.

Menurut Ahok, kasus daging celeng ini sudah lama terjadi di Jakarta. Pengawasan, ujar dia, bukan tidak dilakukan, tetapi memang para pemain daging celeng lebih cerdik. Ahok mengatakan akan meminta Dinas Peternakan untuk lebih ketat melakukan pengawasan. “Memang ini harus dicek satu per satu di lapangan,” ujarnya.

Sebelumnya diberitakan seorang pedagang daging giling terbukti menjual daging celeng yang disamarkan sebagai daging sapi. Daging giling itu biasa digunakan untuk bahan baku bakso. “Sudah diperiksa di laboratorium, hasilnya memang benar itu daging celeng,” kata Kepala Seksi Pengawasan dan Pengendalian Suku Dinas Peternakan dan Perikanan Jakarta Barat, Pangihutan Manurung, Senin, 5 Mei 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s