Serda Yudi Anggota Koramil 03 Semarang Gagalkan Perkosaan ABG Dengan Melawan 12 Orang


104256_serdayudi_2Serda Yudi, anggota Koramil 03 Kecamatan Semarang Timur dan Semarang Utara, sukses menggagalkan pemerkosaan ABG. Padahal ia harus melawan 12 orang. Bagaimana caranya? Serda Yudi mengatakan hari Rabu (7/5/2014) sekitar pukul 23.30 WIB, dia melakukan patroli di wilayahnya. Saat tiba di wilayah tanggul Mas Barat, ia melihat ada laki-laki berbicara dengan gelagat panik kepada satpam. Laki-laki itu mengatakan adiknya menelepon dan bilang sedang dibawa ke lapangan oleh belasan orang.

“Satpamnya tidak berani ke lokasi karena ada 12 orang. Saya langsung cek lokasi dan bilang kepada kakak korban dan satpam untuk menyusul. Saya juga langsung koordinasi dengan Babinsa,” kata Yudi kepada detikcom di sela-sela kerja bakti massal di Lapangan Pancasila Simpang Lima Semarang, Jumat (9/5/2014). Sesampai di lapangan yang tidak jauh dari SMAN 14 Semarang itu, Yudi melihat enam motor tanpa pemilik. Ia mendengar teriakan korban, kemudian Yudi memberi peringatan agar mereka keluar dan menyerahkan diri.

“Saya teriak tiga kali ‘yang di semak-semak keluar atau saya tembak’,” ujar ayah dari lima orang anak ini. Sesaat kemudian, 12 pelaku berhamburan keluar dari semak-semak dan berusaha melarikan diri. Dengan sigap Yudi menghubungi satpam di sekitar lokasi agar menangkap gerombolan orang yang melintas di sana. Namun dari 12 orang hanya tiga yang berhasil tertangkap. “Saya langsung borgol dua orang, ada dua orang yang bawa sabuk dengan besi di ujungnya. Yang tertangkap diamankan kemudian dibawa ke polisi,” ujarnya.

Berkat keberaniannya, Serda Yudi mendapat penghargaan dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Aksi prajurit TNI yang mengabdi sejak 1987 ini diharapkan menjadi contoh bagi yang lain. Upaya Serda Yudi, anggota Koramil 03 Kecamatan Semarang Timur dan Semarang Utara, menggagalkan pemerkosaan ABG diapresiasi. Ia mendapat penghargaan dari wali kota. Penyerahan penghargaan dilakukan di sela-sela kerja bakti massal di Lapangan Pancasila, kawasan Simpang Lima, Semarang, Jumat (9/5/2014). Serda Yudi mendapatkan piagam dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi. Hadir dalam acara itu, Dandim 0733 BS Semarang Letkol Kav Dicky Armunantho Mulkan.

“Kami memberikan apresiasi kepada Serda Yudi. Ini memberikan motivasi kepada yang lain,” kata Hendrar. Hendrar menambahkan masyarakat tidak ragu melaporkan kejadian-kejadian di sekitarnya. Harapannya, aksi-aksi kriminal atau tindakan yang meresahkan dapat dicegah atau diatasi pihak berwajib. Aksi Serda Yudi dilakukan, Rabu (7/5/2014) sekitar pukul 23.30 WIB. Saat patroli, ia melihat seorang pria dan satpam panik. Mereka menyebut adik pria itu dibawa kabur 12 pria ke Lapangan 25 Semarang Utara. Serda Yudi langsung mendatangi lokasi.

Begitu didatangi Serda Yudi, pelaku kocar-kacir. Tiga di antaranya ditangkap, sedangkan 9 lainnya kabur. Saat ini kasusnya ditangani kepolisian. Wajahnya terlihat kalem, juga murah senyum. Tapi saat menghadapi situasi darurat, dia bisa berubah jadi garang. Berkat keberaniannya, pemerkosaan ABG oleh 12 orang berhasil digagalkan. Ini dia orangnya, Serda Yudi.

Serda Yudi bertugas di Koramil 03 Kecamatan Semarang Timur dan Semarang Utara. Pria 5 anak ini berhasil menggagalkan upaya pemerkosaan remaja putri berusia 14 tahun di Lapangan 25 Semarang Utara, Rabu (7/5/2014) sekitar pukul 23.30 WIB. Saat itu, Serda Yudi mengaku tengah patroli. Di wilayah tanggul Mas Barat, pria yang menjadi anggota TNI sejak 1987 ini melihat laki-laki berbicara dengan gelagat panik ke satpam. Laki-laki itu mengatakan adiknya menelepon dan bilang sedang dibawa ke lapangan oleh belasan orang.

“Saya langsung cek lokasi dan bilang kepada kakak korban dan satpam untuk menyusul. Saya juga langsung koordinasi dengan Babinsa,” kata Serda Yudi dalam acara kerja bakti massal bersama Pemkot Semarang dan TNI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Jumat (9/5/2014). Pelaku kalang kabut setelah aksi bejatnya dipergoki Serda Yudi. Apalagi setelah mereka diancam akan ditembak. Pelaku kriminal itu tunggang langgang. Tiga di antaranya ditangkap, sedangkan 9 lainnya kabur.

Dandim 0733 BS Semarang Letkol Kav Dicky Armunantho Mulkan bangga dengan tindakan anak buahnya. Ia berharap anggota lainnya termotivasi. “Patut diacungi jempol, tentu bangga,” kata Letkol Dicky yang memimpin kerja bakti massal tersebut. Saat ini, kasus upaya pemerkosaan itu ditangani kepolisian. Pelaku masih diperiksa untuk pengusutan lebih lanjut. Seorang ABG berusia 14 tahun nyaris jadi korban pemerkosaan 12 pria. Beruntung ada Serda Yudi. Kedatangan anggota Koramil 03 Kecamatan Semarang Timur dan Semarang Utara ini membuat pelaku kalang kabut.

Peristiwa itu terjadi di Lapangan 25 Semarang Utara, Rabu (7/5/2014) lalu. Saat itu, Serda Yudi tengah patroli. Seorang satpam memberitahukan bahwa ada seorang ABG dibawa kabur oleh sejumlah pria ke lapangan. “Saya langsung cek TKP dan koordinasi dengan Babinsa,” kata Serda Yudi dalam acara kerja bakti massal bersama pemkot dan TNI di Lapangan Pancasila, Simpang Lima, Semarang, Jumat (9/5/2014). Pelaku kocar-kacir setelah aksi bejatnya dipergoki Serda Yudi. Apalagi saat mereka diancam akan ditembak. Tiga di antaranya ditangkap dan diserahkan ke polisi, sedangkan 9 pelaku lainnya kabur.

Dandim 0733 BS Semarang Letkol Kav Dicky Armunantho Mulkan mengaku bangga dengan tindakan anak buahnya. “Patut diacungi jempol, tentu bangga,” katanya. Saat ini, kasusnya ditangani kepolisian. Pelaku lainnya masih dikejar.

One response to “Serda Yudi Anggota Koramil 03 Semarang Gagalkan Perkosaan ABG Dengan Melawan 12 Orang

  1. masnagajakasetia

    Dear EDITOR : Terimakasih atas cerita yang ringkas dan berisi dan berbobot …..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s