Cara Berburu Tiket Kereta Api Tambahan Untuk Mudik Lebaran


Jadwal penjualan tiket kereta tambahan Lebaran sudah resmi diumumkan PT Kereta Api Indonesia, yakni pada Kamis, 15 Mei 2014, mulai pukul 00.00 WIB. Nah, agar perburuan tiket tak berujung kekecewaan, simak tip berikut. Yang pertama harus diingat, antre membeli tiket di stasiun kereta tak akan membantu. Sebab, loket di stasiun baru dibuka pada pukul 07.00. Lantaran pembelian secara online telah dibuka pada pukul 00.00, sudah pasti pembeli yang mengantre di loket kalah cepat dengan yang membeli secara online karena lambatnya pelayanan offline PT Kereta Api Indonesia.

Lagi pula, pihak manajemen KAI telah memastikan tak ada perbedaan kuota dalam pembelian tiket yang dipesan lewat online dengan pembelian langsung di loket stasiun. “Kalau di online habis, ya sudah, tidak ada lagi di semua tempat pembelian,” ujar Kepala Hubungan Masyarakat PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional I Agus Komarudin pada akhir bulan lalu. Artinya, siapkan diri Anda untuk berburu tiket dengan cara yang paling efektif, yakni secara online. Yang pertama harus dilakukan adalah menyiapkan perangkat telekomunikasi Anda. Pakai semua gadget Anda, dari laptop, tablet, hingga ponsel serta mintalah bantuan teman-teman Anda untuk ikut memesankan buat Anda sehingga kesempatan untuk mendapatkan tiket makin besar dengan berburu online ramai-ramai secara bersamaan.

Kedua, pastikan jaringan Internet Anda memadai. Bila itu tak tersedia di rumah atau kantor Anda, jangan segan untuk sedikit berkorban dengan begadang di kafe yang menyediakan layanan wi-fi gratis namun kencang. Itu yang dilakukan oleh Vitri, yang berburu tiket bersama temannya. “Lumayan, begadangnya jadi sambil nyemil,” kata Vitri ketika dihubungi, Sabtu, 10 Mei 2014.

Aplikasi pembelian tiket seperti Paditrain yang tersedia untuk ponsel BlackBerry ataupun Android juga dapat Anda manfaatkan. Aplikasi semacam itu biasanya bisa menyimpan data calon penumpang saat melakukan pembelian. Dengan begitu, Anda tak perlu lagi memasukkan nama, tanggal lahir, dan nomor identitas jika sudah pernah melakukan itu sebelumnya.

Dengan begitu, akan lebih banyak waktu yang bisa dihemat dan Anda berpeluang besar memenangi persaingan dengan ribuan atau bahkan jutaan orang lain yang juga berburu tiket. Selama berburu tiket secara online lewat Internet, Ada juga dapat terus mencoba menghubungi call center PT KAI di nomor 121. Selain itu, tak ada salahnya juga mencoba membeli melalui gerai-gerai rekanan KAI seperti Alfamart atau Indomaret.

Namun jika baik situs maupun call center KAI masih saja sulit diakses, jangan putus harapan. Menurut pengalaman sejumlah pemburu tiket, pembelian baru bisa dilakukan pada pukul 01.00-03.00 WIB. Hal itu mungkin karena calon pembeli lain sudah berguguran lantaran diterpa kantuk ataupun ada pembelian yang batal karena si pembeli lupa membayar. Sebab, batas waktu pembayaran tiket yang dibeli secara online hanya tiga jam setelah memesan.

Soal lupa bayar tiket ini pernah dialami Vitri, sehingga tiket yang dipesannya pun lepas dari genggaman. “Iya, sempat lupa. Jadi harus begadang buat beli lagi malam berikutnya,” katanya. Untungnya, ia akhirnya berhasil mendapat tiket mudik Jakarta-Semarang untuk H-2 Lebaran pada akhir bulan lalu.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s