Cleaning Service Monas Adalah Ahli Dari Jerman


Senior Manager Marketing dan Business Development Kaercher Indonesia Fransisca Natalia mengatakan harga dari alat yang digunakan untuk membersihkan bagian atas Monas tergolong mahal. “Harganya Rp60-70 juta,” ujar Fransisca saat ditemui, Sabtu, 10 Mei 2014. Fransisca mengatakan, nama alat yang harganya bisa mencapai Rp70 juta itu adalah High Pressure Washer HDS 12/18-4 S. Adapun alat itu memiliki kemampaun menyemburkan air dengan tekanan mencapai 20 bar, menyemburkan air dengan suhu 80-155 derajat celcius, dan menyemburkan air dengan kapasitas 600-1200 liter per jam.

Fransisca melanjutkan, alat itu sudah biasa digunakan untuk membersihkan bangunan-bangunan tinggi seperti Monas. Namun, kata ia, tak jarang juga alat itu dipakai untuk membersihkan hal lain. “Biasa juga digunakan untuk membersihkan bus,”ujarnya. Air tekanan tinggi dari alat itu memungkinkan kotoran bandel di tubuh bangunan atau mobil cepat lepas.

Setelah 22 tahun tidak dibersihkan, Monumen Nasional akhirnya akan dibersihkan lagi pada Mei mendatang. Managing Director Kaercher Indonesia Roland Staehler yang menangani pembersihan Monas mengatakan kegiatan itu melibatkan 20 teknisi ahli dari Jerman dan Indonesia.Roland menjelaskan ada dua tahap pembersihan pada 5-18 Mei nanti. Pertama, 5 Mei mereka akan mulai membersihkan bagian bawah Monas. Pembersihan menggunakan alat Kaercher yang menghasilkan air panas bertekanan tinggi, yaitu seri HDS 6/14 C.

“Produk ini mudah dioperasikan dan mobile. Karena itu, ideal untuk membersihkan seluruh area bawah dan sudut Monas,” ujarnya berpromosi di Balai Kota, Rabu, 2 April 2014. Dia berjanji tidak menggunakan bahan kimia karena bisa mempengaruhi material Monas. Setelah itu, tim akan mengumpulkan sisa air kotor dan mengeringkan area dengan mesin sikat pengering Kaercher seri BD 530 Ep.

Kedua, pembersihan leher Monas setinggi 132 meter akan dilakukan pada 9 Mei oleh tiga ahli dari Jerman menggunakan teknologi tali pengaman. Saat ini pun mereka menggunakan alat pembersih yang menghasilkan air panas bertekanan tinggi seri HDS 12/18-4 S. Air panas bertekanan tinggi akan keluar dari mesin melalui pipa semprot yang mudah diaplikasikan dalam tekanan rendah di bagian marmer leher Monas.

Sebagai puncak kegiatan, masyarakat Jabodetabek akan diundang untuk membersihkan kompleks Monas bersama dengan tim ahli dari Kaercher pada 15 Mei dalam acara Monas Fun Cleaning Day with Kaercher. Kegiatan ini, menurut Roland, bertujuan meningkatkan kepedulian masyarakat untuk menjaga, merawat, dan membersihkan monumen bersejarah sebagai warisan budaya Indonesia.

Fransisca menambahkan alat berharga puluhan juta itu digunakan dalam jumlah banyak. Kurang lebih, kata dia, ada 20 puluhan alat. “Total jenis alat yang kami pakai ada 10 macam. HDS 12/18-4 S adalah salah satunya,”ujar dia. Pemerintah DKI Jakarta menggandeng perusahaan Jerman yang bergerak dalam bidang alat-alat kebersihan Thorsten Moewes dalam “pemandian” Monumen Nasional (Monas). Mereka mendapat jatah pembersihan bagian tengkung dan pelataran atas bagian luar Monas.

“Pembersihan bagian tengkuk dan pelataran atas bagian luar harus dibersihkan oleh para pekerja yang sudah memiliki sertifikasi” kata Fransiska Natalia, Senior Manager Marketing and Development Kaercher Indonesia, Kamis, 8 Mei 2014. Teknisi Indonesia, kata dia, membersihkan bagian cawan yang berada di bagian bawah Monumen Nasional. Bagian tengkung dan pelataran atas bagian luar tidak mudah dibersihkan karena perlu persiapan khusus dan pendukung pembersih lainnya.

“Bukan seperti panjat tebing yang banyak orang bisa lakukan, pekerjaan ini harus memiliki sertifikasi internasional dalam bidang pembersihan monumen-monumen,” ujarnya. Dengan tema “Kaecher Cleaning Monas”, misi memandikan Monas ini digelar dari 6-18 Mei 2014. Sampai saat ini, tim teknis dari Indonesia yang diketuai oleh Ardianta Rahardja, sudah mengerjakan bagian cawan selatan dan sebagian sisi cawan barat dari Monas

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s