Jadwal Dan Sebab Pemadaman Listrik Bergilir DI Jakarta


Manajer senior komunikasi Perusahaan Listrik Negara, Bambang Dwiyanto, mengatakan pemadaman listrik yang terjadi di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya semalam diakibatkan adanya gangguan pada trafo interbus (IBT) 1 dan 2 di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong, Bogor. “Gangguan ini memicu padamnya Pusat Listrik Tenaga Panas Bumi Gunung Salak dan Pusat Listrik Tenaga Uap Pelabuhan Ratu di Jawa Barat,” kata Bambang ketika dihubungi pada Kamis, 10 OKtober 2013. Akibatnya sebagian Bogor, Cibinong, Cileungsi, Sukabumi, Depok, dan sebagian Jakarta Timur wilayah Jakarta Timur mengalami pemadaman.

Gangguan di dua trafo Cibinong ini disebabkan karena adanya kerusakan sehingga terbakar. Bahkan, Bambang menyebut terbakarnya trafo ini lebih parah dari yang terjadi di Cawang beberapa waktu lalu. Saat ini PLTP Gunung Salak sudah selesai diperbaiki. Sedangkan PLTU Palabuhan Ratu masih terganggu sehingga pasokan listrik ke pelanggan tidak cukup. Sebagian pelanggan di Jawa Barat terpaksa masih mengalami pemadaman.

Untuk itu, PLN mulai memperbaiki trafo Cibinong. Bambang juga meminta kepada pelaku usaha besar untuk menggunakan pembangkit sendiri untuk memudahkan perbaikan. Sedangkan untuk rumah tangga agar mengurangi pemakaian listrik untuk meminimalisasi pemadaman. Warga mengeluhkan pemadaman listrik di beberapa wilayah Jakarta dan sekitarnya, Rabu, 9 Oktober 2013 malam ini. Keluhan disampaikan lewat akun Twitter. @prasetyalvin 56m melaporkan bahwa listrik padam di Pondok Gede, Kota Bekasi, sedari pukul 20.50 WIB. Hingga pukul 22.00 WIB, listrik belum menyala kembali.

Muhammad NurFatoni lewat akunnya @fatoniRD melaporkan di wilayah Bekasi dan Bogor yakni, Kalimalang, Pekayon, Jatiasih, Pondok Gede, Kranggan, Ciangsana, dan Cileungsi mengalami pemadaman listrik.

Zainal Arifin melalui @zain_arf mengatakan bahwa listrik padam di Cilincing, Jakarta Utara. Ada juga Frendra yang lewat akunnya @FrendraHendri, melaporkan bahwa mati lampu juga terjadi di Depok dan Bintaro, Jakarta Selatan. @RadioElshinta juga menuliskan kicauannya bahwa mati lampu terjadi di Sukabumi dan Bogor.

Tempo juga memantau bahwa mati lampu parah terjadi di kawasan Taman Mini, Jakarta Timur. Masyarakat mengeluhkan bahwa pemadaman ini belum tersosialisasi. Saat dikonfirmasi apa penyebab mati lampu serentak ini, Kepala Humas PT Perusahaan Listrik Negara Bambang Dwiyanto tak menjawab. Panggilan telepon dan pesan singkat yang dilayangkan tak berbalas.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s