Banyak Hari Libur … Tiket Pesawat Langka


Banyaknya tanggal merah atau hari libur nasional di bulan ini rupanya tak disia-siakan oleh para pelancong. Hal ini terbukti dari penjualan tiket pesawat meningkat drastis 70 persen dibandingkan bulan-bulan biasa. “Karena banyak tanggal merah yang bikin long weekend,” kata Ketua Bidang Ticketing Asosiasi Perusahaan Penjualan Tiket Penerbangan Indonesia, Pauline Suharno, saat dihubungi, Rabu, 13 Mei 2014. Perjalanan para pelancong bahkan tak memandang tanggal tua atau muda.

Pelancong lebih menyesuaikan dengan pola perjalanan yang dilakukan. Libur pada akhir bulan, dimanfaatkan untuk berlibur ke tempat yang lebih jauh. “Bisa lebih panjang ambil cutinya, milihnya Jepang, Korea, Taiwan, atau Turki,” kata Pauline. Sedangkan libur Waisak, dimanfaatkan untuk ke tempat wisata yang lebih dekat. Misalnya Hongkong, Makau, Singapura, atau Bangkok. Khusus pada libur Waisak, banyak wisatawan yang membeli tiket untuk ke Yogyakarta. “Tapi Bali atau Lombok juga masih tetap ramai,” tuturnya.

Ia menjelaskan tidak ada dominasi wisatawan apakah mancanegara dari domestik sama-sama ramai. “Presentasenya masih 50-50,” ucapnya. Seperti diketahui, pada bulan Mei 2014, terdapat 4 tanggal merah. Keempat tanggal merah yaitu hari buruh internasional pada 1 Mei, Hari Raya Waisak 2558 pada 15 Mei, Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW pada 27 Mei, dan Kenaikan Isa Almasih pada 29 Mei.

Animo masyarakat berpergian dengan menggunakan pesawat untuk memanfaatkan libur hari raya Waisak ataupun long weekend terpantau cukup tinggi. Hal ini terlihat dari banyaknya pesanan tiket pesawat dari Surabaya dan Jakarta ke Yogyakarta untuk hari keberangkatan Rabu dan Kamis ini.

“Tujuan Yogyakarta memang sangat ramai dipesan, khususnya penerbangan Rabu kemarin dan Kamis pagi ini,” kata pemilik biro perjalanan Aquila Tour and Travel, Paulus Akwa Mulyawan, ketika dihubungi, Kamis, 15 Mei 2014. Besarnya jumlah pemesan tiket pesawat tujuan Yogyakarta ini juga disebabkan oleh minat masyarakat menyaksikan prosesi Waisak yang dipusatkan di Candi Mendut dan Borobudur, Magelang, Jawa Barat. “Jangankan ada hari raya Waisak, libur akhir pekan biasa tujuan Yogyakarta pun sudah laris,” ujar Paulus.

Kuota kursi tujuan Yogyakarta di 3 maskapai tarif rendah yakni Lion Air, Sriwijaya, dan Air Asia tercatat sudah penuh, sehingga hanya menyisakan jadwal tertentu yang masih luang. Kursi tambahan yang dibuka oleh ketiga maskapai tersebut pun dibanderol dengan tarif atas yakni di atas Rp 600 ribu per orang. Tarif ini lebih tinggi 50 persen dibandingkan tarif penerbangan di hari biasa yang berkisar Rp 450 ribu per orang.

“Padatnya jumlah penumpang tujuan dan dari Yogyakarta pada akhir pekan ini hanya pada jadwal penerbangan tertentu saja, seperti Rabu malam kemarin dan Minggu sore untuk perjalanan pulang,” kata Joko Kuntoro, anggota DPP Asosiasi Pengusaha Tiket Indonesia (Astindo) Yogyakarta. Ia mengakui jika kepadatan penerbangan pada jadwal-jadwal tertentu itu dipengaruhi juga oleh jadwal prosesi Waisak di Candi Mendut dan Borobudur. “Membaca kecenderungan wisatawan, maka hari ini mereka akan ke Magelang lantas Sabtu-Minggu akan menghabiskan waktu di Yogyakarta,” ujarnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s