Aceh Kembali Diguncang Gempa Berskala 6.4 Ritcher


Badan Nasional Penanggulangan Bencana menyebutkan gempa berkekuatan 6,4 Skala Richter mengguncang Provinsi Aceh pukul 08.02, Ahad, 18 Mei 2014. Pusat gempa berada 342 kilometer arah barat daya Kabupaten Aceh Jaya pada kedalaman 15 kilometer. “Tidak ada potensi tsunami,” ujar Kepala Pusat Data, Informasi, dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan singkat.

Menurut Sutopo, gempa tersebut dirasakan selama beberapa detik di Meulaboh dan daerah lain di Aceh Jaya. Berdasarkan laporan dari lapangan, katanya, gempa terasa berkekuatan sedang hingga cukup kuat. Berdasarkan peta guncangan gempa, intensitas gempa berskala III-IV Mercalli intensity scale (MMI). Dengan kekuatan sebesar ini, gempa terasa seperti getaran akibat truk yang melintas di jalan raya.

Akibat guncangan mendadak tersebut, kata Sutopo, sebagian masyarakat berhamburan keluar rumah. Sejauh ini belum ada laporan kerusakan bangunan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah Aceh, ujarnya, masih melakukan pengecekan di lapangan. Adapun aktivitas masyarakat telah kembali seperti normal.

Lokasi gempa pagi ini bersumber dari wilayah yang berdekatan dengan lokasi gempa 8,5 Skala Richter yang terjadi pada 11 April 2012. Pusat gempa berada di bagian luar dari daerah pertemuan lempeng Hindia Australia dengan Eurasia atau outer rise earthquake. Mekanisme gempa diperkirakan bersumber dari sesar geser. Bukan sesar naik sehingga tidak menimbulkan potensi tsunami. (Baca: Gempa 8.9 SR, Warga Aceh Berhamburan).

Sutopo mengimbau masyarakat tetap waspada karena gempa kali ini muncul tanpa didahului tanda-tanda. Masyarakat dianjurkan segera keluar dari bangunan dan berkumpul di tempat aman jika gempa kembali terjadi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s