Wisnu Tjandra Presiden Direktur Bank Artha Graha Milik Tomy Winata Hilang


Wisnu Tjandra hilang sejak 11 Mei lalu. Tak ada yang tahu, ada apa dengan mantan Wakil Presiden Direktur Bank Artha Graha ini. Pihak perusahaan, keluarga, dan polisi kini berupaya keras menemukan Wisnu yang lenyap bak ditelan bumi. Doa juga dipanjatkan untuk Wisnu. “Serta mohon doa agar Wisnu Tjandra selalu tetap di dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa,” ujar pemilik Artha Graha grup, Tomy Winata, Minggu (18/5).

Kepolisian Polda Metro Jaya hari ini mendatangi gedung Artha Graha di kawasan bisnis Sudirman, Jakarta Selatan, untuk mengetahui motif hilangnya Wisnu Tjandra sejak 11 Mei 2014 pukul 22.23 WIB. Laki-laki berusia 51 tahun itu diketahui menghilang saat pihak kantor menanyakan keluarga ihwal ketidakhadiran Wisnu di kantor. “Siang ini, penyidik Jatanras (Kejahatan dan Kekerasan) datang ke Artha Graha. Kami perlu menemukan petunjuk seperti file-file di komputer Wisnu,” kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto, Senin, 19 Mei 2014.

Orang tua Wisnu mengatakan tidak mengetahui keberadaanan Wisnu. Sebab, mantan suami artis Peggy Melati Sukma itu tinggal sendirian di rumahnya yang terletak di sekitar Ancol, Jakarta Utara. Sedangkan orang tuanya tinggal di Jalan Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Berikut ini hasil penyelidikan penyidik Kejahatan dan Kekerasan pada 11 Mei 2014 pukul 18.00 WIB:
– Wisnu meninggalkan rumah menuju kantornya dengan sedan Toyota Camry bernomor polisi B-1818-PAR miliknya.
– Sekitar pukul 19.00 WIB, ia seorang diri meninggalkan kantor dengan taksi Silver Bird dan menuju ATM di Jalan Jenderal Sudirman.
– Setelah itu, Wisnu menuju Hotel Mulia, Senayan, Jakarta Pusat, untuk bertemu dengan seseorang. Lalu ia menuju Gambir sebentar dan terakhir ke Sarinah.
– Sejak Wisnu turun dari taksi di sana, sopir taksi tidak mengetahui lagi arah Wisnu pergi. Rikwanto menuturkan penyidik telah memeriksa empat saksi, yakni dua orang dari keluarga Wisnu, satu orang dari kantornya, dan sopir taksi Silver Bird yang ditumpangi Wisnu.

Namun kepolisian belum memeriksa seseorang yang ditemui Wisnu di Hotel Mulia. “Orang yang ditemui di Hotel Mulia itu diduga tidak punya peran signifikan. Segala masalah yang menjadi kemungkinan motif hilangnya Wisnu masih kami dalami,” kata Rikwanto. Kepolisian Polda Metro juga mengatakan belum memiliki data besaran transaksi penarikan yang dilakukan Wisnu malam itu. Saluran komunikasi yang dimiliki Wisnu pun menghilang.

Tak hanya dari sang bos, mantan istri Wisnu, Peggy Melati Sukma juga memanjatkan doa bagi mantan suaminya itu. “Mohon doanya saja,” terang Peggy. Hilangnya Wisnu yang misterius ini memang membuat tanya. Wisnu yang juga kerap menjadi juru bicara Artha Graha Peduli ini, menurut pihak perusahaan tak menunjukkan sikap yang aneh sebelum menghilang.

Salah satu petinggi Grup Artha Graha, Wisnu Tjandra, sudah sepekan hilang. Siapa sebenarnya pria yang juga mantan suami dari artis Peggy Melati Sukma ini? Wisnu Tjandra diketahui lahir di Jakarta, 56 tahun lalu. Setelah lulus dari Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, ia bergabung dengan Artha Graha pada 1989.

Pada 2004, dia mencapai jabatan Wakil Presiden Direktur Bank Artha Graha. Menurut catatan, Wisnu Tjandra kini menjadi Direktur PT Jakarta International Hotels & Development Tbk sejak Juni 2012 dan Komisaris PT Danayasa Arthatama Tbk. Menurut Ketua Harian Artha Graha Peduli Indra Budiardjo, Wisnu juga menjabat juru bicara Artha Graha Network. “Kami meminta doanya agar beliau tetap selalu dalam lindungan Tuhan,” kata Indra.

Bagaimana dengan kehidupan pribadinya? Pada 2006, Wisnu Tjandra melamar Peggy Melati Sukma, artis sinetron yang kala itu sedang naik daun. Namun umur perkawinan pasangan ini singkat. Keduanya bercerai pada 2011. Setelah ramai dikabarkan mantan suaminya hilang, Peggy pun berkicau di akun Twitter miliknya, @peggymelatis. Dinihari tadi, ia mengirim cuit, “Tak ada rahasia bagi Allah..Sang Maha Pemilik Kejadian. Sang Maha Berpengetahuan. Terjadilah segala kehendak-MU. #TetapBerdoa.”

Kini keluarga dan grup Artha Graha terus mencari pria jebolan FE UI ini. Pihak kepolisian juga sudah dilibatkan untuk menemukan Wisnu. Pihak kepolisian masih menyelidiki motif hilangnya Wisnu. Petinggi Grup Artha Graha Wisnu Tjandra sudah sepekan lebih menghilang tanpa kabar. Sebelum hilang, disebutkan tak ada yang janggal dari sikap Wisnu.

“Tidak ada ya. Ya biasa saja. Itu juga yang membuat kami heran,” ujar Dirut Konsorsium Artha Graha Global Network, Agung Prabowo ketika dikonfirmasi, Senin (19/5/2014). Agung mengatakan pihak Artha Graha saat ini juga sedang ikut mencari keberadaan Wisnu. Namun saat ini belum ada hasil. Sedangkan pemilik Grup Artha Graha Tomy Winata mengatakan, pihaknya dan juga pihak keluarga Wisnu telah melaporkan hilangnya Wisnu ke Polda Metro Jaya. “Ya sejak Minggu 11 Mei malam sampai dengan sekarang. Kami kehilangan kontak dengan rekan kami Wisnu Tjandra. Keluarga Wisnu Tjandra dan kami juga sudah melaporkan ke polisi,” kata Tomy saat dikonfirmasi.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto mengatakan bahwa pihaknya masih bekerja keras mencari tahu keberadaan Wisnu Tjandra, Petinggi Artha Graha Group yang dikabarkan hilang. “Besok akan saya dalami informasinya,”ujar Rikwanto saat dihubungi via pesan pendek, Ahad 18 Mei 2014.

Rikwanto menambahkan bahwa hingga saat ini belum ada informasi terkait di mana hilangnya Wisnu. Ia mengaku akan mengecek lagi sejauh mana perkembangan pencarian itu. Berdasarkan informasi yang beredar sejauh ini, Wisnu sudah hilang selama sepekan. Pihak keluarga mantan suami artis Peggy Melati Sukma itu pun sudah melapor ke polisi.

Wisnu pernah menjabat sebagai Wapresdir Bank Artha Graha. Wisnu kini ditempatkan di unit usaha Artha Graha grup lainnya yakni Jakarta International Hotels and Development (JIHD). Adapun Pihak kepolisian telah menurunkan tim untuk mengusut hilangnya mantan suami artis Peggy Melati Sukma ini. Polisi juga mengusut mengenai motif di balik hilangnya Wisnu.

“Kami belum bisa memastikan motifnya apa, yang jelas masih kami selidiki,” ucap Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan. Petinggi Artha Graha grup Wisnu Tjandra menghilang misterius. Sejak 11 Mei lalu, tak ada kabar dari Wisnu yang kini menjadi direktur di Jakarta International Hotels and Development. Baik keluarga dan pihak Artha Graha sibuk mencari Wisnu. Polisi juga dilibatkan, tapi hasilnya masih nihil.

“Kami belum bisa memastikan motifnya apa, yang jelas masih kami selidiki,” ucap Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya AKBP Herry Heryawan, saat dikonfirmasi, Minggu (18/5). Jejak jebolan FE UI yang pernah menikah dengan artis Peggy Melati ini, tak terendus. Dia hilang begitu saja dan menimbulkan misteri.

Bahkan pemilik Artha Graha, Tomy Winata sampai mengerahkan tim Artha Graha Peduli, tapi sama juga hasilnya. “Belum bisa mendapatkan posisi atau keberadaan serta keadaan Wisnu Tjandra,” jelas Tommy. Hilangnya Wisnu memang memunculkan banyak pertanyaan dan perhatian. Pria yang pernah menjabat Wakil Presiden Direktur Bank Artha Graha ini cukup dikenal publik. Dia juga kerap menjadi juru bicara Artha Graha, misalnya saja dalam setiap kegiatan Artha Graha Peduli, Wisnu selalu memberi pernyataan ke publik.

Pemilik Grup Artha Graha Tomy Winata merasa prihatin atas hilangnya salah satu petingginya, Wisnu Tjandra. Menurut Tomy, mantan suami artis Peggy Melati Sukma tersebut hilang sejak 11 Mei. “Ya sejak Minggu 11 Mei malam sampai dengan sekarang. Kami kehilangan kontak dengan rekan kami Wisnu Tjandra. Keluarga Wisnu Tjandra dan kami juga sudah melaporkan ke polisi,” kata Tomy saat dikonfirmasi, Minggu (18/5/2014).

Selain laporan ke polisi itu, kata Tomy, pihak Artha Graha Peduli (AGP) juga mencoba untuk melakukan pencarian. Namun hasilnya sampai saat ini nihil. “Belum bisa mendapatkan posisi atau keberadaan serta keadaan Wisnu Tjandra,” ujar Tomy.

Tomy menyatakan pihaknya tidak akan berhenti untuk mencari Wisnu. “Kami sangat prihatin dan berusaha keras agar Wisnu Tjandra bisa diketemukan. Mohon dukungan semua kawan-kawan Wisnu dan juga media. Serta mohon doa agar Wisnu Tjandra selalu tetap di dalam perlindungan Tuhan Yang Maha Esa,” ujar Tomy. Wisnu pernah menjabat sebagai Wapresdir Bank Artha Graha. Setelah itu dia ditempatkan di unit usaha Artha Graha grup lainnya yakni Jakarta International Hotels and Development (JIHD).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s