15 Pendaki Dari Komunitas Cigugue Di Evakuasi Dari Gunung Guntur Karena Kelelahan


Sebanyak 15 orang pendaki yang sempat hilang saat mendaki Gunung Guntur, Kabupaten Garut, Jawa Barat,ditemukan selamat.. Para pendaki yang berasal dari Komunitas Cigugur Jakarta itu ditemukan di atas puncak Gunung Guntur dalam kondisi kelelahan pada Ahad, 15 Juni 2014.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho, mengatakan para pendaki mengalami kelelahan dan meminta dievakuasi setelah ada laporan dari Siti Maryam, orangtua Rian Hidayatulloh, salah seorang pendaki dalam rombongan.

Laporan disampaikan melalui Posko BNPB Jakarta, pada Sabtu, 14 Juni 2014 sekitar pukul 20.53 WIB. Posko BNBP Jakarta kemudian menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut agar melakukan upaya pencarian dan evakuasi korban.

Menindaklanjuti laporan tersebut sekitar pukul 21.30 WIB, BPBD Kabupaten Garut melakukan pencarian bersama relawan, Tim Reaksi Cepat, TNI, Polri serta tim dari Sekolah Vertical Rescue Bandung yang dipimpin oleh Tedi Exdiana.

“Kami menyusuri trek-trek yang biasa dilewati oleh para pendaki hingga ke puncak Gunung Guntur. Ternyata para pendaki kelelahan setelah sampai puncak,” ujar Kepala BPBD Kabupaten Garut, Dikdik Hendrajaya, Ahad, 16 Juni 2014.

“Sekitar pukul 15.00 WIB, pendaki pemula itu diperkirakan sampai di kediamannya di Jakarta dengan selamat,” ujar Dikdik.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s