Bus TransJakarta Tabrak Kopaja AC 602 Di Halte Monas


Terjadi tabrakan antara bus Transjakarta gandeng dan Kopaja AC 602 pada Senin, 16 Juni 2014. Kecelakaan terjadi di halte Monas mengarah ke Harmoni sekitar pukul 08.15 WIB. Petugas Traffic Management Center Polda Metro Jaya, Iptu Herry Priyatno, membenarkan kabar tersebut. “Baru terjadi sekitar 30 menit lalu,” katanya ketika dihubungi, Senin.

Kecelakaan itu melibatkan empat kendaraan, yaitu bus Transjakarta bernomor B-7562-TGA dan B-7501-TGA serta kopaja AC B-7611-DG dan B-7700-YR. Akibat kecelakaan itu, kondisi lalu lintas macet dari sekitar bundaran di depan gedung Indosat hingga depan Museum Nasional. Penyebab kecelakaan sampai saat ini belum diketahui.

Kopaja AC 602 melayani rute Ragunan-Monas. Kopaja ini diperbolehkan masuk jalur bus Transjakarta. Akun Twitter @TMCPoldaMetro mengunggah foto kecelakaan yang terlihat cukup parah itu. Bus Kopaja AC tampak hancur pada bagian belakang dan depannya. Kepala Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resor Jakarta Pusat Ajun Komisaris Besar Sakat mengatakan polisi masih menyelidiki penyebab kecelakaan bus antara Transjakarta dan Kopaja AC di dekat halte Monas, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.

“Dugaan kecelakaan ini akibat kelalaian pengemudi Transjakarta yang kurang berhati-hati,” kata Sakat saat ditemui di lokasi, Senin, 16 Juni 2014. Kecelakaan ini diduga akibat bus Transjakarta bernomor polisi B-7562-TGA gagal berhenti sehingga menghajar Kopaja dengan nomor polisi B-7700-VR yang tepat berada di depannya. Kopaja itu kehilangan kendali sehingga ikut menabrak Kopaja di depannya bernomor polisi B-7611-DG. Pada akhirnya Kopaja tersebut juga menabrak bus Transjakarta dengan nomor polisi B-7501-TGA, yang berada paling depan dalam kecelakaan ini.

Akan tetapi, AKBP Sakat mengatakan belum mendapat data jumlah korban kecelakaan yang terjadi sekitar pukul 08.30 ini. “Korban luka sudah dilarikan ke rumah sakit, tapi kita belum memiliki angka pasti jumlah korban,” ujarnya. Salah satu petugas bus Transjakarta yang mengalami tabrakan beruntun dengan nomor polisi B-7562-TGA, Muhammad Aji, memastikan tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan ini. “Tidak ada korban jiwa, tapi korban luka-luka sudah dilarikan ke RS,” ujarnya.

Insiden ini mengakibatkan kemacetan lebih dari 500 meter di Jalan Medan Merdeka Barat menuju Harmoni. Dua unit bus Transjakarta terbentang keluar dari jalurnya. Sedangkan dua Kopaja yang terjepit itu remuk, hanya menyisakan sekitar separuh dari bentuk semula.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s