Jadwal KRl Commuterline …. Penumpang Malah Di Denda Dan Tidak Diberi Kompensasi


Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menyesalkan kebijakan PT KCJ Commuterline yang tetap mendenda penumpang pengguna kartu multitrip yang memilih membatalkan perjalanan mereka akibat kacaunya jadwal KRL rute Bogor-Jakarta hari ini. Sebagaimana diketahui, pengguna kartu multitrip (baik kartu Commet dan Flazz) akan terkena pinalti jika mereka keluar gerbang dari stasiun yang sama setelah lebih dari 1 jam. Akibatnya, sejumlah penumpang yang menggunakan kartu multitrip memilih menunggu kereta selama berjam-jam ketimbang harus keluar gerbang.

Pengurus YLKI Tulus Abadi mengatakan, tak patut KCJ Commuterline mendenda pengguna kartu multitrip yang membatalkan perjalanan. Hal ini karena kesalahan operator yang tidak bisa memberikan layanan yang layak, dan bukan kesalahan penumpang. “Itu tidak bisa, kalau ada kejadian semacam itu, konsumen harus dibebaskan, karena kesalahan di operator KRL,” ujarnya, Jumat (4/4/2014).

Dia menjelaskan, seharusnya KRL memiliki standard pelayanan minimal saat kereta mengalami gangguan. “Misalnya jika ada gangguan tertentu, kompensasinya sudah bisa ditentukan. Konsumen harus diberitahu soal ini,” lanjutnya. Sebelumnya, para penumpang KRL yang menggunakan kartu multitrip mengeluhkan pengenaan pinalti jika mereka membatalkan perjalanan, sehubungan dengan gangguan di jalur Bogor-Jakarta. Seperti yang diungkapkan Elis, yang telah berada di stasiun Depok lebih dari dua jam, terpaksa bertahan di dalam stasiun, karena tak ingin kena denda jika membatalkan perjalanan.

“Kan ada ketentuan, jika membatalkan perjalanan setelah 1 jam sejak masuk, pengguna multitrip bakal didenda. Saya coba bersabar menunggu, tapi hingga lebih dari tiga jam, tetap tak terangkut. Mau membatalkan perjalanan, pasti kena pinalti. Ini kebijakan macam apa,” ujarnya.Kacaunya perjalanan KRL rute Bogor-Jakarta pada pagi hingga siang hari ini memunculkan banyak keluhan di antara pengguna kereta. Akibatnya, tak sedikit yang terlambat masuk ke kantor, bahkan banyak yang memilih kembali ke rumah.

Pengurus Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Tulus Abadi menyatakan kacaunya perjalanan kereta hari ini merupakan tanggung jawab PT KCJ Commuterline selaku operator KRL. Sebagai operator, anak usaha PT Kereta Api Indonesia ini wajib memberikan kompensasi kepada penumpang. “Seperti maskapai penerbangan, ketika pesawat mengalami keterlambatan sekian jam, ada kompensasi yang diterima oleh penumpang. Demikian juga dengan KRL Commuterline yang hari ini jadwalnya bermasalah, harusnya melakukan hal yang serupa,” ujarnya Jumat (4/4/2014).

Dia menyebutkan, kompensasi yang bisa diberikan kepada pengguna KRL antara lain potongan harga tiket hingga tiket digratiskan. Hal ini karena yang menjadi pangkal masalah bukanlah konsumen, melainkan penyedia jasa. “Kalau ada kejadian semacam itu, konsumen harus dibebaskan, karena kesalahan di KCJ Commuterline,” ungkapnya.

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) menilai layanan KRL di Jabodetabek sangat tidak manusiawi, sehingga standar pelayanan transportasi publik oleh moda transportasi ini tidak terpenuhi. Hal ini diungkapkan pengurus YLKI Tulus Abadi menanggapi gangguan perjalanan KRL Jabodetabek yang terjadi dalam dua hari berturut-turut ini. Setelah semalam, gangguan terjadi lagi pada pagi hari ini, sehingga banyak penumpang yang mengalami keterlambatan masuk kerja.

“KRL ini belum memenuhi standard manusiawi. Pada jam-jam sibuk, KRL mengalami over kapasitas. Saya sendiri kalau menggunakan KRL sebelum jam 9 pagi, rasanya ngeri,” ujarnya, Jumat (4/4/2014). Dia menyebutkan, ada dua masalah utama yang membuat layanan KRL di bawah standard. Pertama adalah masalah infrastruktur yang terlalu tua. Hal itu sangat rentan mengalami gangguan ketika cuaca sedang kurang baik.

Masalah lainnya adalah penggunaan kereta impor dari Jepang, di mana PT Kereta Api Indonesia hanya mempertimbangkan sisi murahnya. “Namun kendati murah, kereta bekas impor itu menurun kehandalannya dan boros energi,” jelas Tulus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s