Polisi Dukung Untuk Melanggar Hak Pengemudi Dengan Hanya Memberikan Tilang Slip Biru dan Tidak Slip Merah


urus tilang slip merahDirektur Utama PT Transjakarta, Antonius Nicholas Stephanus Kosasih mengaku sudah berkoordinasi dengan Polda Metro Jaya untuk program sterilisasi jalur Transjakarta. Menurut dia, Polda sudah setuju untuk memberikan slip tilang biru kepada pengemudi yang menerobos busway. “Kalau dengan tilang biru kan kapok, kami senang sekali Pak Kapolda memberi dukungan seperti ini,” katanya di Balai Kota DKI Jakarta, Senin, 16 Juni 2014.

Tilang biru berarti pelanggar aturan dikenai denda maksimal dan harus langsung membayar denda lewat bank. Selama proses membayar denda, biasanya SIM atau STNK akan ditahan. “Yang banyak duit juga seharusnya kapok karena akan membuang waktu,” katanya.

surat tilang merah biruDia optimistis, jika sterilisasi jalur Transjakarta dilakukan dengan baik, penumpang akan bertambah. “Soalnya selama ini banyak orang malas naik Transjakarta karena masih kena macet,” katanya. Upaya ini dilakukan untuk mencapai target melayani satu juta penumpang per hari pada 2016. Selain itu, mereka juga membutuhkan 1.289 bus gandeng yang beroperasi di seluruh koridor. Pengadaan bus itu akan bekerja sama dengan operator.

Makna dari SLIP MERAH dan SLIP BIRU yang menjadi Hak Pengemudi untuk memilih adalah :
– SLIP MERAH : surat tilang ini diberikan apabila terjadi kesalahan di jalan raya dan pengendara tersebut tidak mengakui kesalahannya (tidak terima tuduhan) yang disebutkan oleh petugas jalan raya (POLANTAS) dan akan dikenakan denda sesuai dengan beratnya kesalahan yang telah dilakukan melalui proses atau dibuktikan dipengadilan.

– SLIP BIRU : surat tilang ini diberikan apabila terjadi kesalah di jalan raya dan pengendara mengakui kesalahannya (tidak mangkir) yang disebutkan oleh petugas jalan raya (POLANTAS) dan akan dikenakan denda maksimal serta dapat dibayarkan melalui Bank yang ditunjuk tanpa harus melalui proses pengadilan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s