Kabupaten Bogor Kaji Lokasi Rawan Bencana Tanah Longsor


Pasca peristiwa longsornya tebing setinggi 30 meter dengan kemiringan 45 derajat yang menewaskan tujuh orang warga di Kampung Neglasari, RT 11/4, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, Pemerintah setempat segera melakukan kajian teknis soal lokasi longsor tersebut. Kajian melibatkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM). “Kita sudah meminta pihak ESDM, agar segera melakukan kajian terhadap kondisi kontur tanah, apakah layak untuk dijadikan tempat tinggal atau hunian,” kata Sekretaris BPBD Kabupaten Bogor, Makmur Rozak , Selasa, 18 Juni 2014.

Menurut dia, jika berdasarkan hasil kajian ESDM lokasi tersebut tidak layak huni, maka pihaknya akan merekomendasikan kepada Pemkab Bogor untuk mencarikan lahan untuk relokasi. “Karena bukan hanya tempat tinggal saja di daerah ini yang rawan terkena longsor susulan, tapi ada sekolah juga yang untuk sementara ini tidak boleh ada kegiatan atau aktifitas, karena cuaca masih tak menentu,” ungkapnya.

Namun, ungkap dia, hingga saat ini Pemkab Bogor masih mengalami kendala pengadaan lahan untuk merelokasi masyarakat yang tinggal di lokasi rawan bencana,”Kendala utama yang kita hadapai adalah penyediaan lahan, pasalnya masyarakat pun tidak mudah jika pindah dilokasi yang baru,” kata Makmur. Untuk sementara, pihaknya mengevakuasi dua Kepala Keluarga yang rumahnya rusak tertimbun longsor ke rumah tetangga dan kerabat yang lebih aman. “Ada dua KK yang dievakusai ke rumah saudaranya,” kata dia.

Kepala Seksi Kedaruratan BPBD Kabupaten Bogor Budi Aksomo mengatakan, pihaknya masih melakukan pengerjaan dan membersihkan puing-puing reruntuhan tanah longsoran yang sempat memutuskan akses jalan selama lebih dari 12 jam, karena tertutup ribuan kubik tanah dan puing. “Akses jalan sudah kembali bisa dilintasi warga padahal sebelumnya puluhan KK sempat terisolir karna akses jalannya tertutup longsoran tanah.”

Kepala Desa Mekar Wangi Hadi Hidayat mengatakan pihaknya sudah mengimbau kwarga sekitar agar mengungsi ke tempat yang lebih aman. “Khawatir terjadi longsor susulan, kita sudah menghimbau agar masyarakat mencari tempat lebih aman atau mengungsi ke tetangga maupun saudaranya,” ujar Hasi.

Tebing setinggi 25 meter dengan kemiringan 45 derajat di Kampung Neglasari, RT 11 RW 4, Desa Mekarwangi, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor, longsor menimpa tiga rumah, Selasa dinihari, 17 Juni 2014. Akibatnya satu keluarga yang terdiri dari tujuh orang serta dua orang tamu yang identitasnya belum diketahui tewas tertimbun longsor.

Ketujuh korban tertimbun tersebut yakni, H Sopiah, 60 tahun, Dedeh 38 tahun, Wahyu, 17 tahun, Risma, 13 tahun, Rizki, 4 tahun, Fardi, 37 tahun, dan Caming (kerabat korban). “Semua korban merupakan satu keluarga. Sedangkan dua orang korban lain yang merupakan tamu dan pasien patah tulang yang sedang dirawat oleh H Sopiah, yang identitasnya belum diketahui,” kata Camat Cariu, Didin Wahidin, Selasa, 17 Juni 2014.

Didin mengatakan peristiwa longsor yang mengakibatkan sembilan orang tewas akibat tertimbun longsor tersebut terjadi pada pukul 01.30 WIB, saat itu kondisi cuaca sedang turun hujan deras. “Satu bulan terakhir wilayah itu mengalami kekeringan akan tetapi pada hari Senin, 16 Juni 2014, hujan deras mengguyur dari pukul 20.00 WIB, hingga dinihari,” kata dia saat dihubungi, Selasa, 17 Juni 2014.

Akibatnya, kata dia, tanah yang awalnya kering tersebut tidak kuat menahan curah hujan yang cukup tinggi, sehingga tebing dengan kemiringan 45 derajat tersebut menimbun tiga rumah yang lokasinya berada di dataran di bawahnya. “Tiga rumah yang tertimbun itu salah satunya milik H Sopiah yang merupakan tukang urut patah tulang, makanya ada dua orang pasiennya yang tengah dirawat juga ikut tertimbun longsor,” kata dia.

Didin mengatakan hingga saat ini petugas gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, PMI, TNI, Polri, dan warga sekitar masih melakukan penggalian untuk mencari warga yang menjadi korban longsor tersebut.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s