Rumah Almarhum Ustaz Jefri Al Buchori Perumahan Bukit Mas Rempoa Habis Terbakar


Semua barang di lantai satu rumah almarhum ustaz Jefri Al Buchori atau Uje di Perumahan Bukit Mas, Rempoa, Jakarta Selatan, habis terbakar pada Jumat (20/6/2014) dini hari. Namun, ada satu foto Uje yang selamat dari lalapan api. “Dari semua barang, hanya foto almarhum yang selamat. Foto bapaknya Abi waktu umroh masih utuh,” kata putra Uje, Abi di depan rumah, di Jalan Narmada III, Perumahan Bukit Mas, Rempoa, Jakarta Selatan, Jumat siang ini.

Abi sangat bersyukur karena foto kenangan ayahnya masih selamat dari lalapan si jago merah. Sedangkan foto lainnya yang dipajang di ruang tamu rumah ludes terbakar. “Fotonya di lantai satu, dekat sama sumber kebakaran. Tetapi, enggak kenapa-kenapa, enggak hangus,” ujarnya lagi. Pendapat senada disampaikan Umi Tatu Mulyana, ibunda Uje. “Iya, ada foto Uje yang selamat dari kebakaran. Itu tanda Allah SWT masih menjaga almarhum,” pungkas Umi Tatu.

Beruntung, istri dan anak-anak Uje selamat dari kebakaran tersebut. Semua barang di lantai satu hangus terbakar, sedangkan di lantai dua hanya beberapa barang yang meleleh karena kepanasan. Kebakaran diduga karena hubungan pendek arus listrik.Istri dan anak-anak almarhum Ustaz Jefri Al Buchori atau Uje selamat dari kobaran api yang membakar rumah mereka di Perumahan Bintang Mas, Rempoa, Jakarta Selatan, Jumat dini hari tadi. Mereka selamat bukan karena loncat dari lantai dua rumah tersebut.

Topik, sopir keluarga almarhum Uje, membantah pemberitaan di beberapa media yang menyebut bahwa Pipik Dian Erawati dan anak-anaknya melompat dari lantai dua. “Enggak benar itu kalau mereka lompat dari lantai dua. Pasti kanopinya sudah rusak,” kata Topik, ditemui di rumah tersebut, Jumat (20/6/2014). Topik mengatakan, dia yang menuntun Pipik dan anak-anaknya turun melewati atap kanopi. Mereka kemudian dibantu turun dari kanopi lewat pagar rumah.

Berdasarkan pantauan, lantai satu rumah Uje habis dilalap api. Bau asap masih tercium dari dalam rumah. Polisi sudah memasang garis di pintu rumah. Kebakaran terjadi di lantai satu, diduga karena hubungan pendek arus listrik. Sedih terlihat jelas di wajah keluarga almarhum Ustaz Jefri Al Buchori ketika melihat rumah peninggalan sang ustaz terbakar. Ibunda almarhum Uje, Umi Tatu Mulyana, mengaku tak kuasa menahan tangis.

Umi mengatakan, kebakaran terjadi pada pukul 03.00 dini hari. Api berasal dari lantai satu rumah. “Saya tahu kabar kebakaran jam 07.00 pagi tadi. Setelah itu langsung ke sini,” kata dia di Jalan Narmada III, Perumahan Bukit Mas, Rempoa, Jakarta Selatan, Jumat (20/6/2014). “Sampai depan pagar rumah udah enggak bisa nahan untuk nangis,” ucapnya menambahkan.

Menurut dia, kebakaran diduga akibat korsleting atau hubungan pendek arus listrik. “Dugaan sementara kebakaran karena korsleting listrik. Lantai satu rumah terbakar semuanya, enggak ada yang tersisa,” ucapnya dengan sendu. Umi Tatu mengaku prihatin dengan kondisi istri almarhum Uje, Pipik, dan kedua anaknya, Abi dan Adiba. “Kami semua pasrah. Ini cobaan dari Allah buat kami sekeluarga,” pungkasnya. Pihak keluarga Uje saat ini masih menunggu pihak kepolisian yang masih menyelidiki penyebab kebakaran.

Rumah almarhum Ustaz Jefri Al Buchori atau Uje yang terletak di Jalan Narmada III, Perumahan Bintang Mas, Rempoa, Jakarta Selatan, terbakar pada Jumat (20/6/2014) pukul 03.00 dini hari tadi. Istri dan anak almarhum keluar lewat jendela lantai dua untuk menyelamatkan diri. “Saya bangun pukul 03.30 karena dengar bunyi alarm. Pas bangun, nyium bau asap dan hawanya panas banget,” kata istri almarhum Uje, Pipik Dian Irawati, di pendapa depan rumahnya di Rempoa, Jakarta, Jumat siang ini.

Pipit menambahkan, ketika dia membuka pintu kamar, asap langsung masuk ke dalam kamarnya. “Saya teriak minta tolong, terus pergi bangunin anak-anak untuk nyelamatin mereka,” sambungnya. Kondisi saat itu, lanjut Pipik, sangat panas dan gelap. “Saya lalu menuntun Abi dan Adiba untuk keluar lewat jendela untuk menyelamatkan diri,” ujarnya lagi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s