Petugas Bagasi Lion Air Tertangkap Tangan Mencuri Barang di Tas Penumpang


eorang petugas di bagian bagasi dari maskapai Lion Air berinisial AM alias Anwar tertangkap tangan mengambil barang di tas penumpang yang akan berangkat, sekitar pukul 09.00 Wita, Selasa (24/6/2014). Aksinya diketahui pihak petugas keamanan PT Angkasa Pura II Bandara Sam Ratulangi yang mengawasi dari closed circuit television (CCTV).

“Sudah dari awal tindakannya mencurigakan. Petugas sudah melihat dari CCTV. Dia tertangkap tangan mengambil barang penumpang,” kata Penyidik Sekuriti PT Angkasa Pura Gazali AR. Anwar yang merupakan warga Kelurahan Ternate Baru, Lingkungan II, Kecamatan Singkil, ini mengambil topi milik penumpang Lion Air dari Manado-Jakarta. Gazali menuturkan, saat itu Anwar bekerja mengangkat tas dan memasukkannya satu per satu ke dalam bagasi. Tas yang diincarnya dilewatkan.

“Tas yang tidak ada gemboknya atau tidak terkunci, dia biarkan atau dia sisihkan sehingga dia masukkan barang lain dulu. Terakhir, dia angkat tas itu dan dia bongkar. Karena tidak ada barang berharga, dia ambil cuma topi. Saat ditangkap, kita cek bagasi, kita cek pemilik barang, kita cek penumpang apakah ada yang hilang atau tidak, dia bilang cuma topi lalu barangnya diberangkatkan,” ujarnya. Petugas keamanan Bandara Sam Ratulangi kemudian menahan Anwar dan menginterogasinya. Saat diinterogasi, petugas bandara menahan ID-nya dan mengambil identitas lainnya.

“Kita interogasi, apakah ada jaringan atau tidak, takutnya ada juga yang lain terlibat. Setelah menginterogasi Anwar, kami langsung serahkan ke Polsek Bandara,” ucap Gazali. Berdasarkan pantauan Tribun Manado, Anwar ditahan di dalam suatu ruangan di Polsek Bandara. Saat coba didekati, seorang anggota polisi mencegah.

“Jangan dulu wawancara, kita minta izin dulu sama atasan,” tutur petugas kepolisian. Sementara itu, pihak maskapai penerbangan Lion Air menyerahkan kasus tersebut ke Polsek Bandara Sam Ratulangi. “Dia sudah diserahkan ke polsek bandara, 100 persen tentu dipecat. Hal-hal ini tidak diteloransi, langsung dilaporkan ke polisi juga. Ini sudah tidak bisa dipercayakan lagi,” kata Chief Security Lion Air Meldy Daniel H.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s