Ngamprah Padelarang Lumpuh Setelah Ormas dan Debt Collector Bentrok


Puluhan anggota organisasi masyarakat bentrok dengan puluhan petugas penagih utang alias debt collector dari perusahaan pemberi kredit (leasing), Rabu (25/6/2014) sore. Bentrok ini melumpuhkan lalu lintas Jalan Raya Cimareme-Padalarang, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat (KBB), dan membuat situasi di kawasan tersebut mencekam. Tiga polisi berpakaian preman dari Polres Cimahi luka parah akibat dikeroyok.

Selama beberapa jam, tak ada warga yang berani mendekat apalagi melintas di lokasi bentrok. Batu, balok kayu, dan besi, bertebaran dalam radius 100 meter. Bentrok ini menurut seorang warga, Wawa Supriadi (40), bermula ketika puluhan anggota ormas mendatangi kantor leasing di pinggir Jalan Raya Cimareme tersebut.

Menurut Wawa, perwakilan ormas tersebut sudah mencoba berbicara baik-baik untuk bisa menemui pimpinan perusahaan tersebut. Namun, rombongan ormas tersebut tetap tak dibolehkan memasuki kantor. Adu mulut pun terjadi. “Ketika cekcok itulah seorang anggota ormas didorong hingga jatuh, memicu perkelahian massal,” kata Wawa yang melihat langsung bentrok ini sejak awal, Rabu.

Warga lain, Witarsa (55), mengatakan tak kurang dari 15 sepeda motor rusak dalam bentrok tersebut. “Dihancurkan pakai balok kayu dan besi. Orang-orang yang jatuh juga dihajar habis-habisan,” ujarnya. Petugas polisi yang mencoba menghentikan bentrok, tutur Witarsa, malah dihajar beramai-ramai.

Kapolres Cimahi, AKBP Erwin Kurniawan, mengatakan 20 orang sudah ditahan terkait bentrok ini, baik dari ormas maupun perusahaan leasing. Menurut Erwin, rombongan ormas itu datang untuk melakukan sweeping tetapi mendapat perlawanan dari para petugas penagih utang perusahaan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s