Perampok Umbar Tembakan Saat Rampok Kantor Pos Setu Cipayung


Kepolisian memperkirakan pelaku perampokan kantor agen Pos Setu, di Cipayung, Jakarta Timur, pada Kamis (26/6/2014), sudah berpengalaman. “Menurut perkiraan pelakunya merupakan pemain lama, sudah tidak asing lagi,” kata Kepala Kepolisian Sektor Cipayung, Komisaris Cecep Subagia, saat ditemui di kantornya, Kamis.

Dugaan tersebut, kata Cecep, antara lain dilihat dari keberanian para pelaku beraksi pada siang hari. Padahal, ujar dia, saat itu situasi di sekitar lokasi cukup ramai. “Pelaku nekat. Di situ ramai, di depannya ada bengkel,” ujar Cecep. Dia pun memperkirakan pelaku telah mempelajari lokasi.

Kantor pos tersebut tidak memiliki kamera pengawas dan petugas keamanan. “Bisa juga membaca lokasi dulu, baik di siang maupun malam (sebelumnya),” ujar Cecep. Perampokan tersebut telah melukai dua petugas dan dua nasabah Kantor Pos Setu. Pelaku memukul kepala para korban. Para pelaku mendatangi kantor pos tersebut dengan mengendarai sepeda motor. Mereka mengenakan helm yang menutup penuh muka.

Jejak yang ditinggalkan para pelaku hanyalah sebuah borgol. Dalam aksinya, mereka membawa kabur uang Rp 7 juta.

Sebelum kabur, para pelaku melepaskan tembakan ke udara untuk menakuti warga di lokasi kejadian. Kasus ini sekarang ditangani Polsek Cipayung.Komplotan perampok yang menyatroni kantor agen Pos Setu di Cipayung, Jakarta Timur melukai dua pegawai dan seorang nasabah, Kamis (26/6/2014). Mereka disandera dan dianiaya ketika berupaya kabur.

Kedua pegawai itu, Ay (23) dan Ni (20), menderita terluka di bagian kepala dan leher akibat pukulan benda tumpul. Hal yang sama juga dialami dua nasabah yang kebetulan berada di kantor pos itu. Menurut Manajer Agen Pos Setu, Sugianto, Ay terluka saat melarikan diri di tengah upaya pelaku menguasai kantor pos tersebut. “Dia sempat dihalau pelaku, rambutnya dijenggut,” kata Sugianto, saat ditemui di lokasi, Kamis sore.

Sugianto mengatakan, salah satu pelaku yang berjaga di depan kantor pos memukul leher Ay dengan senjata hingga berdarah. Namun, Ay berhasil kembali lari ke arah jalan. “Dia teriak-teriak minta tolong ke jalan itu, sempat ditabrak mobil juga, tapi untungnya tetap selamat,” ujar Sugianto.

Ditemui terpisah, Kepala Kepolisian Sektor Cipayung Komisaris Cecep Subagia membenarkan dua pegawai dan nasabah kantor pos itu terluka dalam kejadian ini. “Pelaku menggetok korban, tapi enggak terlalu parah. Sementara yang nasabah itu di borgol tangannya. Tetapi hanya satu tangan kanan belum sempat terkunci dua tangan,” ujar Cecep.

Para pelaku, lanjut Cecep, langsung kabur mengetahui Ay lolos dan meminta bantuan warga. Namun, uang Rp 7 juta dapat dibawa lari komplotan berjumlah enam orang yang datang dengan sepeda motor itu.

Dua saksi pegawai kantor pos masih diperiksa petugas. Polisi tengah memburu pelaku perampokan itu.
Komplotan perampok yang menyasar kantor agen Pos Setu, yang berlokasi di wilayah Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (26/6/2014) sempat melepaskan tembakan. Hal ini dilakukan para pelaku untuk menakuti warga sekitar ketika aksi mereka diketahui warga.

“Informasinya memang demikian. Tetapi itu dilakukan pelaku setelah di luar kantor pos,” kata Kepala Kepolisian Sektor Cipayung, Komisaris Cecep Subagia, saat ditemui di kantor polsek, Kamis (26/6/2014) sore. Pelaku, kata Cecep, melepaskan satu kali tembakan ke udara untuk menakuti warga. Pihaknya tengah mempelajari apakah senjata yang ditembakan berjenis rakitan, airsoft gun, atau senjata organik. “Katanya memang memakai senjata, tetapi senjata benaran atau bukan, ini yang sedang kita selidiki,” ujar Cecep.

Dari lokasi, lanjutnya, petugas juga tidak mendapati selongsong peluru yang ditembakan pelaku. Petugas hanya menyita sebuah borgol yang digunakan pelaku untuk menyandera nasabah. Dua pegawai dan dua orang nasabah dilukai dalam aksi yang terjadi siang hari tadi. Pelaku rata-rata memukul kepala korban dengan pistol.

Dua pegawai dan nasabah tengah diperiksa atas kasus ini. Pihak kepolisian juga tengah memburu enam pelaku yang berhasil menggasak uang Rp 7 juta dari kantor pos itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s