Massa Pendukung PDI-P Serbu Kantor TV One Di Pulo Gadung


Sekitar 60-an massa Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) yang berafiliasi dengan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Kamis (3/7/2014) malam, mendatangi kantor TV One di Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta Timur. Mereka menuntut pertanggungjawaban TV One yang menyebut PDI-P mengusung kader Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Kami baru sampai di kantor TV One. Kami menuntut pertanggungjawaban TV One soal tudingan komunis. Ini fitnah,” kata Ketua Repdem Masinton Pasaribu Kamis. Ia mengatakan, selama massa kampanye ini, PDI-P dituding berbagai fitnah. Tudingan kali ini, kata dia, dianggapnya sudah keterlaluan. “Kita mendukung kebebasan pers, tapi jangan TV One menjadi penyebar fitnah,” kata dia.

Di depan kantor TV One mereka menggelar orasi tengah malam. Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengungkapkan kemarahan partainya atas pemberitaan TV One tersebut. Tjahjo menyebut pemberitaan ini sebagai fitnah yang kejam dan tak dapat ditoleransi.

Sekretaris Jenderal DPP PDI Perjuangan Tjahjo Kumolo mengungkapkan kemarahan partainya atas pemberitaan TV One yang menyebutkan bahwa PDI-P mengusung kader Partai Komunis Indonesia (PKI). Tjahjo menyebut pemberitaan ini sebagai fitnah yang kejam dan tak dapat ditoleransi.

“Fitnah sudah pada situasi kritis seolah PDI-P mengusung kader PKI. PDI-P kawan PKI maka PDI-P musuh AD (TNI Angkatan Darat), demikian berita TV One,” kata Tjahjo melalui pesan berantai, Rabu (2/7/2014) malam. Politisi PDI-P, Eva Kusuma Sundari, membenarkan bahwa pesan tersebut dibuat dan dikirim langsung oleh Tjahjo Kumolo.

“Itu benar, Pak Sekjen marah besar,” kata Eva saat dikonfirmasi secara terpisah. Dalam pesannya, Tjahjo meminta TV One bertanggung jawab atas pemberitaan yang telah ditayangkan. Ia menyatakan tak segan mengambil sikap tegas karena berita fitnah itu dianggapnya melecehkan keluarga besar PDI-P dan Ketua Umum DPP PDI-P Megawati Soekarnoputri.

“Partai minta pertanggungjawaban bukti siapa nama anggota PKI yang diberitakan TV One. Ini menyangkut harga diri kehormatan partai dan Ibu Megawati Soekarnoputri yang dilecehkan oleh berita TV One,” kata Tjahjo.Ketua Umum DPP PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menginstruksikan kepada seluruh kader dan simpatisan PDI-P agar taat sepenuhnya pada hukum.

Hal itu disampaikan Megawati dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Kamis (3/7/2014), menyikapi pemberitaan di TV One yang mengkaitkan PDI-P dengan komunisme. “Kita jaga seluruh martabat kita dan kita mengedepankan penegakan hukum dengan melakukan langkah-langkah kongkrit yang baik dan proporsional melalui aparat kepolisian, kejaksaan, Bawaslu, KPI, dan Dewan Pers,” kata Megawati.

Megawati menyesalkan pemberitaan di TV One. Ia menilai berita tersebut telah meresahkan masyarakat Indonesia yang sedang menjalankan ibadah puasa. Megawati mengajak insan pers agar benar-benar bersikap adil dan menyuarakan kebenaran kepada rakyat. Megawati juga mengajak kepada seluruh komponen bangsa, khususnya seluruh elite politik untuk bersama-sama mewujudkan demokrasi yang berkeadaban.

“Lebih-lebih di bulan puasa ini, janganlah nodai ibadah puasa dengan berbagai bentuk kampanye hitam,” kata Megawati. Sebelumnya, sekitar 50 kader Relawan Perjuangan Demokrasi (Repdem) pada Kamis dini hari, bergerak menuju kantor stasiun televisi TV One di Pulogadung, Jakarta Timur. Aksi itu terkait kabar pemberitaan TV One terkait Partai Komunis Indonesia (PKI) yang dikaitkan dengan PDIP

Ketua Umum Repdem Masinton Pasaribu mengatakan, kebebasan pers yang dimiliki TV One ini tidak digunakan untuk memfitnah dan menyebarluaskan berita yang tidak benar dengan tuduhan PDI-P sama dengan PKI. “TV One, tunjukkan bukti-buktinya kader PKI ada di PDI-P,” ujar Masinton. General Manager Public Relation TV One, Raldi Doy, menerima semua protes terkait pemberitaan. Pihaknya berjanji akan menyelesaikan permasalahan tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s