Pemprov DKI Ubah Mekanisme Pengadaan Bus Transjakarta


Kepala Dinas Perhubungan DKI Muhammad Akbar mengatakan pengadaan bus untuk penambahan armada Transjakarta tidak lagi oleh Dinas Perhubungan DKI. “Menghadirkan bus baru tak bisa dibatalkan, tapi mekanismenya yang diubah,” kata Akbar di Balai Kota, Kamis 3 Juli 2014. Dia mengatakan, pengadaan bus diadakan oleh PT Transportasi Jakarta sebagai Badan Usaha Milik Daerah yang mengelola Transjakarta.

Menurut Akbar, sebagai perusahaan, PT Transjakarta memiliki keluwesan untuk melaksanakan pengadaan dibanding Dishub DKI. “PT TransJakarta sebagai lembaga bisa saja dia model leasing, jadi tidak harus bayar bus di depan,” kata dia. Perusahaan bisa melakukan sewa atau kontrak dengan operator bus dan yang akan membeli bus adalah operator bus bersangkutan. “Nanti bus dibayar rupiah per kilometer,” ujarnya. Jika memungkinkan, PT Transjakarta pun bisa membeli sendiri. Namun, mekanisme pengadaan itu belum ditentukan. “Masih pembahasan.”

Sementara itu, Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Steve Kosasih mengatakan, pihaknya sudah mulai melakukan proses pengadaan. “Kami harapkan tahun ini proses bisa selesai, jadi tahun 2015 bus-nya sudah datang,” kata dia. Kosasih mengaku sedang mengurus rancangan peraturan daerah untuk mendapat penyertaan modal pemerintah sebesar Rp 2 triliun. “Kami akan dapat tambahan modal Rp 2 triliun tapi kami harus mengurus raperda,” kata dia.

Mengenai jumlahnya, Kosasih menuturkan pihaknya akan berkoordinasi dengan Agen Tunggal Pemegang Merk yang akan bekerjasama melaksanakan pengadaan tersebut. “Berapa yang sanggup disediakan ATPM, kami akan beli sebanyaknya,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s