Revitalisasi Kampung Apung Terhenti dan Kembali Tergenang Air


Revitalisasi Kampung Kapuk Teko, Kapuk, Cengkareng, Jakarta Barat, terhenti dan permukiman penduduk di kampung itu kembali tergenang air. Menurut Ketua RT 10/RW 01, Rudi Suwandi, sudah dua minggu air menggenangi kampung itu. Berdasarkan pantauan di lokasi tersebut, Kamis, 3 Juli 2014, tidak terlihat pekerja yang sedang mengerjakan proyek rivitalisasi kampung apung itu. Hanya ada beberapa petugas yang sedang menyedot air menggunakan pompa penyedot. Padahal proyek revitalisasi itu telah mulai dikerjakan beberapa bulan lalu.

Pemakaman di kampung itu yang beberapa bulan lalu akan dipindahkan, kini ikut tergenang. Terdapat hampir 4 ribu makan di pemakaman itu. Air yang menggenangi kawasan itu berwarna hijau karena lumut dan eceng gondok. Menurut Rudi, pemindahan pemakaman itu terkendala pendataan ahli waris. Padahal jika pemindahan dilakukan segera setelah air surut, maka revitalisasi permukiman menjadi lebih mudah. “Jadi mau dijadikan apa bisa lebih mudah karena tidak perlu mempertimbangkan makam lagi yang sudah dipindahkan,” katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pemakaman Jakarta Barat, M. Yuswardi, menyatakan pemindahan makam itu baru akan dilakukan setelah pendataan ahli waris selesai. Menurut dia, pendataan ahli waris ditargetkan selesai pada 2 Agustus 2014 mendatang. Selain itu, rencana pemindahan makam tersebut juga masih harus menunggu cairnya anggaran. Menurut dia, saat ini anggaran yang diajukan belum juga cair. Rencananya anggaran yang akan digunakan untuk memindahkan makam itu mencapai Rp 5 miliar.

“Dari 3.810 makam, baru 245 ahli waris yang melapor,” papar Yuswardi. Ia juga menyatakan pemindahan makam itu akan dikoordinasikan dengan unit kerja lainnya. Hal itu dimaksudkan untuk menyiasati biaya pemindahan yang belum juga cair tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s