Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 Segera Dioperasikan


Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Muhammad Akbar meminta agar pengelola jalan tol Jakarta Outer Ring Road W2 Utara segera mengoperasikan jalur tersebut. Sebabnya, pengoperasian jalur tol tersebut bisa membantu mengurai kemacetan di Tol Dalam Kota yang belakangan sering terjadi.

“Kami mendesak agar jalur tol itu segera dioperasikan,” kata dia kepada Tempo Sabtu 5 Juli 2014. Menurut dia, saat ini Tol JORR W2 Utara tersebut baru beroperasi sebagian saja yaitu ruas Kebon Jeruk hingga Ciledug. “Satu ruas lagi dari Ciledug hingga Ulujami belum.”

Menurut Akbar, pengoperasian tol tersebut dapat mengurangi jumlah kendaraan dari arah Tangerang, Bekasi dan Bogor yang biasa melewati Tol Dalam Kota untuk keluar masuk Jakarta. “Kalau itu dibuka, kepadatan di Tol Dalkot bisa dikurangi,” ujarnya.

Dituturkan Akbar, semenjak memasuki Ramadan, kepadatan di Tol Dalam Kota makin parah. Persoalannya, para pengguna jalan menggeser waktu perjalanan pulangnya menjadi pukul 15.00-17.00 WIB atau hanya dua jam saja. “Biasanya, waktu pulang hectic mulai pukul 16.00 sampai 20.00 WIB,” kata dia. Namun, karena banyak pengguna jalan yang mengejar waktu berbuka puasa di rumah, kepadatan pun menumpuk dalam waktu dua jam itu saja. “Makanya, kalau JORR W2 itu bisa dioperasikan sekarang bisa membantu sekali.”

Proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) W2 Utara, akan segera dilanjutkan kembali. Pasalnya, Direktur PT Jakarta Marga Jaya Ngurah Wirawan, menyebutkan pembebasan lahan sudah dilakukan dan lahan siap digarap lagi.

“Minggu lalu pembayaran ganti rugi kepada warga sudah dilakukan,” kata Ngurah di lokasi pembangunan Tol JORR W2 Utara, Jumat, 13 Desember 2013. Artinya, dalam hitungan 40 hari, lahan yang sudah dibebaskan tersebut akan segera digarap oleh pihak kontraktor. “Warga diberi kesempatan untuk pindah,” kata dia.

Menurut Ngurah, proyek pembangunan Tol JORR W2 ini sudah hampir rampung. Dari total 7,67 kilometer panjang jalan tol yang akan dibangun, tinggal 2,07 kilometer yang masih belum rampung. “Itu jalan yang menghubungkan Ulujami dengan Ciledug,” kata dia. Setelah 40 hari, pihaknya akan segera meratakan lahan pemukiman warga yang telah diganti rugi dan mulai membangun kontruksi. “Kami harapkan pertengahan 2014 sudah rampung semua,” ujar dia.

Proyek Tol JORR W2 ini dibangun mulai dari simpang susun Kebon Jeruk sampai simpang susun Ulujami. Tol ini memberi alternatif jalan bagi pengendara untuk mengurangi kepadatan kendaraan di Tol Dalam Kota. Ruas jalan ini dapat menghubungkan jalan dari arah barat Jakarta, seperti Tangerang, Serang, dan Merak menuju tol Bandara Soekarno-Hatta serta dari arah Bogor dan Bandung yang akan masuk ke Jakarta tak perlu melewati tol Cawang. Disebut, tol ini bisa mengurangi kemacetan 25 persen.

Menurut pantauan, pengerjaan proyek ini masih dilakukan di ruas Ulujami mengarah ke Ciledug. Namun, pengerjaan terpotong setelah dibangun sekitar 500 meter karena pembebasan lahan. Masih banyak rumah warga yang berdiri di kawasan Petukangan Selatan tersebut. Sementara itu, di sisi satunya, jalan sepanjang 5,6 km telah selesai dibangun. Menurut Ngurah, tinggal dibangun jalan sepanjang 1,5 kilometer lagi untuk merampungkan jalan bebas hambatan ini

Untuk diketahui, ruas tol JORR W2 ini dibangun mulai dari simpang susun Kebon Jeruk sampai simpang susun Ulujami. Jalan ini menghubungkan tol Ulujami dengan jalan menuju Bandara dan dalam kota. Panjang tol ini mencapai 7,67 kilometer. Tol ini melalui sejumlah wilayah seperti Ulujami, Ciledug, Joglo, Meruya dan Kebon Jeruk.

Dengan melalui tol ini, Akbar menuturkan, kendaraan dari arah Bekasi dan Bogor yang akan menuju Tangerang tak perlu melewati Cawang atau Tomang untuk menuju bagian barat Jakarta seperti Tangerang atau Merak. Tapi bisa melalui jalur Cikunir, TMII, TB Simatupang, Ulujami kemudian Kebon Jeruk. Begitu juga ketika ingin menuju Bandara Soekarno-Hatta, ruas tol tersebut langsung terhubung dengan jalan tol Bandara. “Apalagi di musim jelang hari raya, bisa membantu juga untuk menuju Bandara,” ujar Akbar.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s