Misteri Hilangnya Petinggi Artha Graha Group Wisnu Tjandra Akhirnya Terungkap


Hilangnya petinggi Artha Graha Group, Wisnu Tjandra, mulai terkuak. Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Dwi Prayitno menyebut polisi berhasil memonitor keberadaan mantan suami artis Peggy Melati Sukma itu berada di kawasan Jawa Tengah, dalam kondisi sehat. Wisnu Tjandra yang dikenal sebagai tangan kanan Tommy Winata (bos Artha Graha Group), dilaporkan hilang sejak Minggu malam, 11 Mei 2014 lalu.

Wisnu menghilang setelah keluar dari kantornya, Gedung Artha Graha, kawasan Sudirman Central Business District (SCBD), Jakarta. Dari rekaman CCTV, Wisnu meninggalkan kantornya menggunakan taksi. Kapolda memberikan keterangan berbeda terkait kasus itu. Saat ditemui di Polres Depok, Jumat (4/7), Kapolda menyatakan, “Wisnu Tjandra, yang bersangkutan masih hidup. Kita sudah monitor yang bersangkutan ada di Jateng. Ya setiap orang berhak pergi ke mana saja.”

Jawaban Kapolda itu menimbulkan penafsiran polisi berhasil menemukan mantan Presiden Direktur Bank Artha Graha tersebut. Namun ketika ditemui di Polda Metro Jaya, Dwi Prayitno menegaskan sampai saat ini polisi belum menemukan Wisnu. “Sampai saat ini, insyaallah masih hidup, belum ditemukan dan masih dalam penyelidikan,” katanya.

Sedang Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Herry Heryawan juga mengatakan Wisnu belum ditemukan. “Belum ditemukan. Saat ini tim masih ada di lapangan yaitu di Yogyakarta dan Jawa Tengah,” kata Herry. Ketika ditemui di Polres Depaok, Dwi Prayitno menyatakan untuk sementara polisi menyimpulkan Wisnu bukan korban penculikan. Kapolda belum dapat menjelaskan mengapa Wisnu menghilang dan tidak memberi kabar kepada keluarganya.

Kakak Wisnu, Anastasya Sintowati, melaporkan hilangnya Wisnu ke Polda Metro Jaya, tertuang dalam laporan polisi 2876/B/V/PMJ/SPKT, tertanggal 13 Mei 2014. Dalam laporan itu diketahui sebelum menghilkang Wisnu berangkat dari rumahnya di kawasan Ancol, Jakarta Utara, sekitar pukul 18.00 WIB.

Ia tiba di kantornya menggunakan mobil dinas, Toyota Camry, sambil membawa travel bag . Selanjutnya Wisnu meninggalkan kantor menumpang taksi dan meninggalkan mobilnya di parkiran kantor dan tiga handphone diletakkan di meja ruang kerjanya. Alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia itu kemudian menuju Hotel Mulia Jakarta, lalu menumpang taksi menuju ke arah Stasiun Gambir, namun di tengah jalan berbelok arah dan turun di pusat perbelanjaan Sarinah.

Sejak saat itu Wisnu tidak diketahui keberadaannya dan tidak dapat dihubungi oleh kolega kerja dan keluarganya. Setelah dilaporkan menghilang sejak 11 Mei 2014 lalu, Polda Metro Jaya akhirnya berhasil menemukan keberadaan petinggi Artha Graha Wisnu Tjandra di wilayah Jawa Tengah. Kapolda Metro Jaya Irjen Dwi Prayitno menyatakan penyidik sudah menemui Wisnu Tjandra di Jawa Tengah. Menurutnya untuk sementara waktu penyidik menyimpulkan tak ada indikasi penculikan terhadap Wisnu.

“Yang bersangkutan ada di Jawa Tengah dan dalam keadaan sehat,” kata Dwi kepada wartawan saat mengunjungi Mapolresta Depok, Jawa Barat, Jumat (4/7/2014). Dwi mengatakan pihaknya belum memastikan alasan Wisnu menghilang dan tak mengabarkan keluarganya. “Setiap orang punya hak untuk pergi. Yang pasti, dalam monitor kami, ia sehat,” ujarnya.

Saat ini penyidik sudah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk keluarga mengenai keberadaan Wisnu Tjandra di Jawa Tengah, yang sebelumnya dilaporkan hilang. Keberadaan Wisnu Tjandra misterius sejak 11 Mei 2014 lalu. Kakak Wisnu, Anastasya Sintowati lalu melaporkan hilangnya Wisnu ke Polda Metro Jaya dengan laporan polisi 2876/B/V/PMJ/SPKT 13 Mei 2014.Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Dwi Priyatno membantah petinggi Artha Graha, Wisnu Tjandra yang dilaporkan hilang sejak 11 Mei 2014 lalu, sudah ditemukan di Jawa Tengah.

“Sampai saat ini, insya Allah masih hidup, belum ditemukan dan masih dalam penyidikan,” ucap Dwi, Jumat (4/7/2014) di Mapolda Metro Jaya. Dwi menuturkan hingga saat ini, tim di lapangan masih berupaya menelusuri keberadaan mantan suami dari artis Peggy Melati tersebut. Di tempat terpisah, Kasubdit Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya, AKBP Herry Heryawan juga mengatakan Wisnu belum ditemukan.

“Belum ditemukan, saat ini memang tim masih di lapangan, di Jogyakarta, Jawa Tengah,” kata Herry.

Seperti diketahui keberadaan Wisnu Tjandra menjadi misterius sejak 11 Mei 2014 lalu.

Kakak Wisnu, Anastasya Sintowati lalu melaporkan hilangnya Wisnu ke Polda Metro Jaya dengan laporan polisi 2876/B/V/PMJ/SPKT tertanggal 13 Mei 2014. Dalam laporan itu diketahui bahwa sebelum menghilkang, Wisnu berangkat dari rumahnya di kawasan Ancol, Jakarta Utara, pada Minggu (11/5/2014) sekkira pukul 18.00. Ia diketahui menuju kantornya di kawasan SCBD Jakarta Selatan dengan mobil sedan. Wisnu ke luar kantor sekitar pukul 22.00, menggunakan taksi menuju Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Gambir, lalu turun di Sarinah, Jakarta Pusat.

Sejak itu, jejak keberadaan Wisnu tak lagi diketahui dan keluarga tak bisa menghubungi Wisnu melalui ponselnya. Keluarga lalu melaporkan hilangnya Wisnu ke Polda Metro Jaya, pada 13 Mei 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s