Hujan Deras … Perjalanan KRL Kereta Rel Listrik Terganggu Karena Jalur Ambles


Hujan deras yang turun di Jakarta bukan hanya menimbulkan genangan yang memicu kemacetan lalu lintas. Perjalanan kereta rel listrik (KRL) juga ikut terganggu akibat peralatan yang tersambar petir dan rel yang ambles. Berdasarkan informasi dari akun Twitter resmi PT KAI Commuter Jabodetabek (KCJ), perjalanan kereta Tangerang-Jakarta dan arah sebaliknya terhambat karena alat persinyalan yang tersambar petir. Gangguan itu terjadi sekitar pukul 15.30 WIB.

Satu jam kemudian perjalanan kereta dari Manggarai menuju Tanah Abang juga ikut terganggu akibat rel ambles di sekitar Menteng Tenggulun, Jakarta Pusat. Lokasi rel yang ambles itu terletak di antara Stasiun Manggarai dan Sudirman. Akibatnya hanya satu jalur yang bisa digunakan bergantian oleh kereta dari kedua arah.

Sejumlah kereta dari Bogor dan Depok yang seharusnya menuju Stasiun Tanah Abang hanya bisa beroperasi hingga Manggarai. Setelah itu kereta kembali mengangkut penumpang tujuan Bogor. Sementara itu jalur yang ambles mulai bisa digunakan sekitar pukul 17.30 WIB. Tapi kereta yang lewat di jalur itu hanya bisa melaju dengan kecepatan 5 kilometer per jam.

Gangguan perjalanan ke Tanah Abang ini juga berpengaruh pada perjalanan kereta dari arah Stasiun Kota. Penumpukan kereta dan kondisi hujan deras disertai petir membuat KRL dari Stasiun Manggarai hingga Gambir dan arah sebaliknya berjalan perlahan, sekitar 5 kilometer per jam. Sampai saat ini, Tempo masih berusaha mengkonfirmasi kondisi perjalanan kereta terkini ke PT KAI dan PT KCJ.

Hujan deras yang turun pada Senin sore, 7 Juli 2014, membuat sejumlah wilayah di Jakarta terendam air. Di Jakarta Pusat, kawasan Gondangdia serta Menteng terendam setelah hujan turun sekitar 45 menit. Jalan Teuku Cik Di Tiro, Gondangdia, yang menuju Cikini langsung terendam air sekitar 30 sentimeter. Genangan itu timbul karena saluran air mampet. Sementara itu, Jalan Surabaya, Menteng, Jakarta Pusat, ditutup karena lubernya Kali Menteng.

Akibatnya, arus lalu lintas di sekitar wilayah itu macet. Banjir juga terjadi di Jakarta Selatan, di antaranya di kawasan Pondok Indah dan Gandaria City. Imbas kemacetan di Jalan Arteri Pondok Indah terasa hingga di Pasar Mayestik.

One response to “Hujan Deras … Perjalanan KRL Kereta Rel Listrik Terganggu Karena Jalur Ambles

  1. terima kasih infonya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s