Bintaro dan Jurangmangu Alami Pemadaman Listrik Karena Gardu Terbakar


Dini hari ini, sejumlah daerah di Tangerang mengalami pemadaman listrik. Beberapa daerah tersebut berada di kawasan Ciledug, Bintaro yang berada di kawasan Tangerang Selatan dan satu kelurahan di wilayah Kalideres, Tangerang. “Saat ini sedang ada gangguan di beberapa daerah sejak pukul 00.00 WIB,” ujar Syaiful, petugas call cnter PLN saat dihubungi, Minggu (13/7/2014).

Menurutnya, saat ini pemadaman listrik terjadi di Kelurahan Jurangmangu dan Kelurahan Cipadu Larangan yang berada di wilayah Kecamatan Ciledug. Sementara untuk kawasan Bintaro, pemadaman listrik terjadi di Kelurahan Bintaro Pesanggrahan dan Kelurahan Pondok Pisang timur.”Selain itu pemadaman juga terjadi di kawasan Kelurahan Jurumudi, Kecamatan Benda, Kalideres, Tangerang,” kata Syaiful.

Hingga saat ini, pemadaman yang telah berlangsung selama lebih dari satu jam itu telah mendapat penanganan petugas. “Saat ini petugas kami sudah berada di lokasi untuk melakukan perbaikan,” tutupnya. Sistem kelistrikan Mahakam yang melayani Balikpapan, Samarinda dan Tenggarong padam karena suplai tegangan terputus (blackout). Penyebabnya, jalur transmisi di Samarinda putus akibat faktor non teknis.

“Transmisi di Samarinda putus,” kata GM PT PLN (Persero) Wilayah Kaltim-Kaltara, Machnizon Masri, ketika dikonfirmasi Selasa (8/7/2014). Machnizon menerangkan, teknisi PLN di lapangan pun dibikin terkejut dan bergegas menelusuri penyebab putusnya transmisi di Samarinda. Diduga kuat putus diakibatkan kapal tongkang yang berlayar di Sungai Mahakam. “Putus kemungkinan besar akibat tertabrak crane (kapal) tongkang,” ujarnya.

Machnizon pun membenarkan akibat putusnya transmisi di Samarinda, mengakibatkan padamnya listrik tidak hanya di Samarinda, namun juga di Balikpapan dan Tenggarong, yang masuk dalam Sistem Mahakam. Ditanya detikcom lebih jauh perihal estimasi waktu yang diperlukan mengatasi Black Out, Machnizon belum bisa memastikannya. Dia hanya menerangkan sore nanti, diupayakan agar listrik di ketiga kota itu bisa normal kembali.

“Iya Pak (padam di 3 kota). Kita upayakan sore ini bisa normal semua tapi secara bertahap, sebagian sudah normal Pak,” terang Machnizon. Gardu listrik di Kelurahan Jurang Mangu, Kecamatan Pondok Are, Tangerang Selatan, mengalami kebakaran. Akibatnya, rumah-rumah di sekitaran lokasi mengalami mati lampu. Kondisi di lingkungan tersebut pun gelap gulita.

Informasi dari Anna, warga Jurang Mangu, mati lampu di lokasi tersebut terjadi pada, Sabtu (12/7/2014), pukul 18.15 WIB setelah buka puasa. Tiba-tiba lampu langsung mati. “Mati lampu sekitar setelah buka puasa, sampai sekarang (pukul 19.45 WIB),” ucap Anna. Anna mengatakan, dia bersama tetangganya melihat asap yang membumbung tinggi. Suara sirine pun terdengar dari lokasi Anna. Belum bisa diketahui kapan listrik di sekitaran lokasi kembali menyala.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s