Desa Kuala Puntong Di Aceh Alami Abrasi Air Laut


Gubernur Aceh Zaini Abdullah didampingi Bupati Aceh Timur Hasballah M Thaib meninjau rumah Abrasi di Desa Kuala Puntong (Kuala Teupien Jareng) Kecamatan Idi Rayeuk, Aceh Timur. Gubernur juga berdialog dengan sejumlah warga untuk merobohkan tempat tinggal mereka, mengingat setengah dari pondasi rumah tidak dapat digunakan lagi karena diterjang ombak.

Dalam rilis yang diterima, Minggu (13/7/2014), kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Kepala BP2A Taqwallah, Kadis Sosial Aceh Bukhari Ak, Kadistan Aceh, Kepala Biro Umum Setda Aceh Mustafa, Kepala Biro Humas Pemerintah Aceh Murthalamuddin dan sejumlah pejabat lingkup Pemerintahan Aceh lainnya. Hadir juga unsur Muspida Aceh Timur.

Akibat abrasi di pantai Desa Kuala Puntong Idi Rayeuk ini sebelas unit rumah warga hancur, dan beberapa unit rumah lainnya juga terancam ambruk akibat dikikis ombak. Beberapa rumah dan kebun warga yang terletak persis di desa itu juga hancur diterjang ombak pasang. Sementara, tebing penahan ombak hanya beberapa meter yang tersedia, sedangkan yang dibangun oleh pemda sudah roboh dan tak dapat digunakan lagi.

Melihat kondisi lapangan, Gubernur menyatakan akan berupaya mencari solusi segera. Pemerintah Aceh juga akan menangani persoalan ini dengan sebaik-baiknya dengan langsung menugaskan dinas terkait untuk melakukan pemetaan kebutuhan riil.

“Pemerintah Aceh akan berupaya membangun tebing penahan ombak yang kokoh, masyarakat yang terkena imbas juga akan kita bantu,” ujarnya.

Gubernur Zaini sedikit kecewa melihat kondisi pembangunan Tebing penahan ombak desa Kuala Puntong yang menurutnya dikerjakan asal-asalan. “Ini tidak boleh terjadi lagi, konstruksinya sangat jelek, rekanannya asal-asalan mengerjakan pekerjaannya,” tegasnya.

Bupati Aceh Timur, Hasballah, mengatakan langkah awal dari tindak lanjut penanggulangan bencana yang sangat parah telah direspon. Selain bantuan darurat, pihaknya juga telah mengusulkan anggaran kepada pemerintah pusat untuk MEMbangun rumah yang terkena abrasi tersebut.

“Pengajuan anggaran tersebut diusulkan ke pemerintah pusat, termasuk untuk membangun tanggul pemecah ombak di Desa Kuala Puntong,” tukasnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s