Salah Memasang Pagar Halaman … Sebuah Rumah Di Nunukan Dibakar Massa


Massa mengamuk dan membakar sebuah rumah warga milik Jufri di Sungai Bilal, Kelurahan Nunukan Barat, Kecamatan Nunukan, Kalimantan Utara (Kaltara). Persoalannya dipicu salah paham pemasangan pemagaran lahan. Peristiwa tersebut berlangsung sekitar pukul 09.00 WITA pagi tadi, Kamis (2/1/2014). Rasyid, seorang pekerja suruhan Adrian, memagar tanah milik Adrian. Belakangan, Rasyid diprotes Jufri yang memprotes pemasangan pagar masuk ke tanah miliknya.

“Jufri mendatangi dan bilang ke Rasyid kalau pagar itu masuk ke tanahnya. Rasyid bilang tidak tahu menahu karena dia hanya disuruh Adrian,” kata Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Fajar Setiawan. Melihat Jufri yang emosi, Rasyid menghentikan pekerjaannya dan berjalan pulang menuju rumah orangtua Adrian yang berlokasi tidak jauh dari lahan tersebut. Jufri mengejar Rasyid hingga terjadi perkelahian.

“Tidak puas dengan jawaban itu, Jufri mengejar Rasyid dengan senjata tajam dan berkelahi, Rasyid terluka. Jufri lantas menyerahkan sekaligus mengamankan diri ke Polsek terdekat di sekitar lokasi Sungai Bilal, Nunukan Barat,” ujar Fajar. “Hingga mengetahui Rasyid terluka, Adrian membawa Rasyid ke Puskesmas untuk menjalani pengobatan dan setelah diobati, Rasyid dibawa pulang ke rumahnya,” tambahnya.

Namun belakangan tersebar kabar bahwa Rasyid dianiaya Jufri dan mengalami luka cukup serius. Kabar itu didengar oleh kerabat Rasyid hingga massa berkumpul dan mendatangi rumah Jufri. “Hingga akhirnya terjadi pembakaran rumah Jufri,” sebut Fajar. Kapolres Nunukan AKBP Robert Silindur bersama personelnya beserta aparat TNI di Nunukan, mendatangi lokasi kejadian pembakaran rumah dan melakukan mediasi sekitar pukul 15.00 WITA sore tadi. Mediasi membuahkan hasil setelah kedua belah pihak sepakat berdamai.

“Sepakat bahwa ini murni tindakan perorangan, kriminal murni. Diproses sesuai hukum yang berlaku dan kedua pihak saling memaafkan. Jufri ditahan di Mapolres Nunukan,” terang Fajar. “Situasi dan kondisi malam ini kondusif dan kepolisian mengimbau untuk masyarakat agar tidak terprovokasi, menahan diri dan bersama-sama menjaga kondusifitas Nunukan. Semua sudah ditangani kepolisian. Berkembang persoalan isu itu (isu SARA), itu tidak benar,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s