5 Tempat Pariwisata Menarik Di Sukabumi


Sukabumi tidak hanya terkenal dengan camilan khas mochi. Berbahagialah bagi traveler yang pulang kampung ke Sukabumi, sebab ada 5 tempat liburan yang seru. Dari rafting sampai menjelajahi perut bumi!

Berikut 5 tempat liburan bagi Anda yang mudik ke Sukabumi:

1. Sungai Citarik
Traveler yang doyang bermain rafting, Sukabumi punya Sungai Citarik yang siap untuk dijajal. Sungai Citarik berada di Taman Nasional Gunung Halimun, Sukabumi dengan grade 1-4. Artinya bisa dicoba untuk pemula atau traveler yang sudah mahir bermain arung jeram. Trek untuk arung jeram di sana ada yang menghabiskan waktu 1 jam dengan jarak hanya 5 km, hingga menghabiskan waktu 4 jam dengan jarak 17 km. Jalur dengan bebatuan besar menjadi ciri khas dari Sungai Citarik. Selain itu, di beberapa lokasi ada air terjun yang bisa jadi tempat beristirahat dan berfoto-foto. Beberapa operator tur yang menawarkan paket wisata arung jeram di Sungai Citarik yakni Arus Liar, Caldera, dan Riam Jeram.

2. Curug Cikaso
Siapa bilang Sukabumi tak punya air terjun yang cantik. Datanglah ke Kecamatan Cibitung di sebelah selatan Sukabumi, ada Curug Cikaso yang menawarkan lanskap menawan tiada dua!Curug Cikaso terbentuk dari tiga titik air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi. Di bagian bawahnya terdapat kolam dengan warna airnya hijau kebiru-biruan. Melihatnya dari dekat, pasti langsung membuat Anda ingin foto-foto lalu berenang di bawah air terjunnya. Tinggi air terjunnya sendiri yakni sekitar 80 meter dengan lebar tebingnya sekitar 100 m. Jarak dari Kota Sukabumi ke Curug Cikaso sejauh sekitar 110 km. Tenang saja, perjalanan yang melelahkan dijamin terbayar impas. Suasana di Curug Cikaso pun masih sangat alami, bagaikan surga tersembunyi.

3. Ujung Genteng
Kalau Anda gemar liburan ke pantai, Sukabumi punya Ujung Gentang. Pantai ini terletak di Kecamatan Ciracap, Kabupaten Sukabumi. Hamparan pantai pasir putih, lautan biru, hingga penyu-penyu lucu menanti Anda di sana.Jarak dari Kota Sukabumi ke Ujung Genteng bisa mencapai 5 jam lebih. Tak masalah, karena segudang aktivitas bisa Anda lakukan di sana. Bersiaplah untuk bersantai di tepian pantai, bermain air dan sunset di sana menjanjikan matahari yang berwarna emas kekuningan.Di Ujung Genteng juga terdapat penangkaran penyu. Saat malam hari, bila beruntung Anda bisa melihat penyu yang ukurannya besar-besar naik ke tepian pantai dan meneteskan telur. Anda pun bisa melihat tukik alias bayi penyu yang menggemaskan. Mau lebih lama di Ujung Genteng? Ada banyak penginapan di sekitar pantainya untuk tempat bermalam dengan harga berkisar antara Rp 100.000-400.000. Di Ujung Genteng juga bisa bermain surfing, tapi hati-hati dengan batu karangnya ya!

4. Sungai Cicatih
Satu lagi tempat menguji nyali berarung jeram di Sukabumi adalah Sungai Cicatih. Sungai ini memiliki grade dari 1-4, dengan lintasan ada yang sepanjang 9 km, 12 km dan 40 km. Tergantung kuatnya stamina Anda? Dari beberapa jeram di Sungai Cicatih, yang terkenal adalah jeram naga. Ada batu yang sangat besar di tengah sungai dan tiba–tiba pemandu akan meneriakan ‘bom!’. Itulah aba-aba dimana kita harus memegang dayung dengan posisi vertikal, dan duduk merosot ke tengah boat dengan cepat. Menegangkan! Silakan berteriak sekencang-kencangnya saat mengarungi Sungai Cicatih yang menegangkan ini. Beberapa operator tur yang menawarkan paket wisata arung jeram Sungai Cicatih yaitu Magnet Adventure, Rafting Cicatih, Riam Jeram, Kampung Jeram dan masih banyak lagi.

5. Gua Buniayu
Ada pengalaman tiada dua saat Anda menjelajahi Gua Buniayu di Desa Kerta Angsana, Kecamatan Nyalindung, Kabupaten Sukabumi. Bukan tanpa sebab, inilah komplek gua yang lengkap karena terdapat gua horizontal atau vertikal yang bisa dijelajahi dan masing-masing punya rintangan sendiri.Ada tiga gua di Buniayu yang biasa dijelajahi traveler, yaitu Gua Kerek, Gua Wisata, dan Gua Landak. Gua Wisata dan Gua Landak adalah gua bertipe horizontal, yang mana masing-masing panjangnya 250 meter dan 500 meter. Di dua gua inilah Anda bisa melihat ornamen-ornamen gua yang berumur jutaan tahun seperti kanopi, stalaktit, stalakmit, dan kolom. Bahkan, ada stalaktit dan stalakmit di sana yang besarnya 10 meter! Kalau Gua Kerek adalah gua bertipe vertikal, dengan kedalaman 18 meter. Traveler harus berpegangan dengan tali dan turun hingga dasar gua. Di sanalah Anda bisa merasakan kegelapan abadi, umpamanya Anda tak bisa melihat jari sendiri dimasukan ke dalam hidung. Operator tur yang menyediakan paket wisata ke gua ini adalah Buniayu Adventure dengan kisaran Rp 385 ribu dan Pantajala Outdoor Activites dengan kisaran Rp 325 ribu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s