Cara Memantau Arus Lalu Lintas Secara Online Lewat Applikasi Android


Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Soeroyo Alimoeso mengatakan sistem pemantauan jalan secara online (Road Transport and Traffic Management Center/ RTTMC Perhubungan Darat) sudah dibangun sejak lama. Perintisan RTTMC dimulai sekira lima tahun lalu. “Pelan-pelan dari beberapa titik pemasangan closed-circuit television hingga sekarang jadi banyak,” kata Soeroyo saat dihubungi, Jumat, 18 Juli 2014.

Menurut Ketua Kelompok Kerja RTTMC Perhubungan Darat Ahmad Wahyudi, tahun ini sudah terpasang sebanyak 45 CCTV di beberapa titik sepanjang jalur pantai utara Jawa, pantai selatan, jalur tengah, hingga jalur barat Jawa – Sumatera. Semula, kata Wahyudi, Kementerian memasang tiga sampai lima CCTV saja. “Sekarang sudah pakai fiber optic,” kata Wahdyudi di ruang pusat kendali RTTMC di Lantai 8, Gedung Karya, Kementerian Perhubungan, Jakarta.

Untuk arus mudik lebaran tahun ini, kata Wahyudi, petugas Kementerian akan siaga 24 jam sejak H-7 hingga H+7 Lebaran untuk memantau RTTMC. Para pemantau, kata Wahyudi, terdiri dari petugas Kementerian Perhubungan dan PT. Ramtek Global Network selaku rekanan kerja Kementerian. “Perbandingannya 50:50,” kata dia.

Menurut Wahyudi, perbedaan pantauan jalan CCTV Kementerian dengan milik kepolisian terletak pada aksesnya. Jika akses pantauan CCTV Polri dipakai dan dianalisis sendiri oleh Polri, kata Wahyudi, untuk CCTV Kementerian bisa langsung diakses oleh masyarakat melalui http://www.rttmc-hubdat.com. “Juga sudah tersedia di aplikasi Android, BlackBerry, dan Symbian,” katanya.

Kementerian juga akan membuka pusat layananan interaktif. Wahyudi mengatakan bakal ada petugas yang melayani call center, sms center, dan sosial media selama 24 jam untuk mudik Lebaran tahun ini. PT Jasa Marga Tbk menyatakan tak menyiapkan situs pantauan mudik secara khusus. Menurut Kepala Humas Jasa Marga, Wasta Gunadi perusahaan hanya menginput segala informasi soal mudik di situs resmi perusahaan. “Untuk kondisi pantauan jalan pemudik yang mau lewat tol bisa dilihat di http://www.jasamarga.com,” kata Wasta saat dihubungi, Jumat, 18 Juli 2014.

Selain itu, pemudik juga bisa memperoleh informasi langsung dari situs jasamargalive.com. Situs tersebut menampilkan video CCTV dan live streaming informasih kondisi lalu lintas jalan tol, info kemacetan di jalan tol, termasuk jalur alternatif mudik lebaran. Menurut Wasta, perusahaan lebih mengutamakan pelayanan langsung di lapangan. Ia mencontohkan, akan ada tambahan petugas siaga 24 jam di jalan tol. Selain itu, ada rambu-rambu tambahan dan spanduk himbauan di jalan tol juga di rest area. “Sebagian rambu tambahan dan spanduk sudah dipasang,” ujarnya.

Namun, Wasta menolak menjelaskan lebih rinci soal persiapan Jasa Marga menyambut mudik Lebaran yang tinggal sepekan lagi. Alasannya, perusahaan baru akan melakukan pemaparan pada Senin, 21 Juli 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s