Glodok Dijaga Ketat Polisi Pada Saat Pengumuman Hasil Pilpres


Pengamanan pusat pertokoan di kawasan Glodok, Tamansari, Jakarta Barat, tampak berbeda dari biasanya. Petugas satuan pengamanan tampak banyak yang berjaga-jaga di depan pintu masuk pertokoan tersebut. “Petugas keamanan yang bertugas memang sengaja ditambah,” kata Jacky Sutiyono, Ketua Paguyuban Pedagang Glodok-Kota Tua, saat ditemui di Glodok, Senin, 21 Juli 2014.

Momentum pengumuman hasil rekapitulasi suara nasional di kantor Komisi Pemilihan Umum pada 22 Juli 2014 menjadi penyebabnya. Tingginya tensi politik nasional membuat para pedagang kawasan tersebut meningkatkan kewaspadaannya. Apalagi, ujar dia, beredar isu-isu yang tidak sedap bahwa akan terjadi kekacauan usai pengumuman tersebut.

Sehari sebelum pengumuman pemenang Pilpres, aktivitas jual beli di daerah yang pedagangnya beretnis Tionghoa itu tampak normal. Pantauan Tempo di Harco Glodok, para pedagang tampak membuka tokonya seperti biasa.

Banyaknya petugas keamanan juga tidak membuat para pedagang menjadi kikuk atau khawatir. Petugas satpam itu pun tidak terlihat secara terbuka keberadaannya. Mereka bersiaga di titik-titik tertentu sambil duduk-duduk di posnya. Personel satpam yang bertugas mencapai 70 orang yang disebar di berbagai titik, mulai dari Harco Glodok ITC Glodok, hingga LTC Glodok.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s