Ahok Akan Prioritaskan Pembangunan 6 Ruas Jalan Tol Dalam Kota Untuk Urai Kemacetan Pengendara Mobil


Jika naik menjadi Gubernur DKI, Basuki Tjahaja Purnama mengaku akan memprioritaskan proyek enam ruas tol dalam kota. Ia berharap penambahan enam ruas tol dapat mengurai kemacetan Ibu Kota. “Kami akan bereskan jalan layang untuk bus, enam ruas tol dalam kota yang harus ada jalur bus nya, jalan inspeksi sungai, inspeksi kereta, dan bawah layang, harus beres semua,” kata Basuki, Wakil Gubernur DKI Jakarta, di Balaikot, Kamis (24/7/2014).

Meski saat kampanye di Pilkada DKI lalu Jokowi-Basuki menolak proyek itu. Namun, setelah mengikuti kajian, Basuki merasa pembangunan tol dalam kota diperlukan. Dengan syarat, harus dapat dilewati oleh transportasi umum, termasuk TransJakarta. Menurutnya, ruas jalan di Jakarta baru mencapai 6 persen. Idealnya, rasio jalan di kota besar mencapai 12 persen dari luas daerah. Karena itu, salah satu cara menambah ruas jalan adalah melalui pembangunan enam ruas tol dalam kota.

“Harus beres semua itu. Lagipula, pembiayaannya oleh investor,” kata Ahok, sapaan Basuki. Proyek milik PT Jakarta Tollroad Development ini dibagi menjadi empat tahap dan direncanakan selesai pada 2022. Tahap pertama, ruas Semanan-Sunter sepanjang 20,23 kilometer dengan nilai investasi Rp 9,76 triliun dan koridor Sunter-Pulogebang sepanjang 9,44 kilometer senilai Rp 7,37 triliun.

Tahap kedua, Duri Pulo-Kampung Melayu sepanjang 12,65 kilometer dengan nilai investasi Rp 5,96 triliun dan Kemayoran-Kampung Melayu sepanjang 9,60 kilometer senilai Rp 6,95 triliun.Tahap ketiga, koridor Ulujami-Tanah Abang dengan panjang 8,70 kilometer dan nilai investasi Rp 4,25 triliun. Terakhir, Pasar Minggu-Casablanca sepanjang 9,15 kilometer dengan investasi Rp 5,71 triliun. Total panjang ruas 6 tol dalam kota adalah 69,77 kilometer.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s