Hari Jumat … Puncak Arus Mudik Lebaran


Puncak arus mudik Lebaran diperkirakan akan terjadi besok. Menteri Perhubungan E.E. Mangindaan mengatakan besok diperkirakan banyak pegawai yang sudah libur sehingga mudik pun dilakukan hampir bersamaan. Adapun wilayah tujuan mudik antara lain adalah Jawa Tengah dan Jawa Timur. “H-3 besok adalah puncaknya, namun jumlahnya tidak bisa diprediksi,” katanya di Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis, 24 Juli 2014.

Untuk menghadapi puncak arus mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan telah menyiapkan tiga jalur di Pulau Jawa, yakni jalur utara, tengah, dan selatan. Pulau-pulau lain yang menjadi perhatian pemerintah adalah Sumatera, Sulawesi, dan Kalimantan. Adapun provinsi yang dinilai paling padat dilewati oleh pemudik adalah Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, dan Sulawesi Selatan. “Berdasarkan pengalaman tahun-tahun sebelumnya, jalur tersebut yang paling padat,” katanya.

Kementerian Perhubungan juga mengimbau perusahaan-perusahaan otobus untuk membawa dua pengemudi agar mereka bisa bergantian. Mangindaan menambahkan, pihaknya telah melakukan cek urine dan tekanan darah terhadap para sopir bus serta menguji kelayakan bus di terminal-terminal keberangkatan. Mangindaan mengimbau para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi agar berdisiplin serta mengikuti arahan dari Dinas Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

Arus mudik di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta Timur, mulai meningkat sejak beberapa hari terakhir. Kepala Terminal Antar-Kota Antar-Provinsi Kampung Rambutan Dwi Basuki memprediksi puncak arus mudik di Terminal Kampung Rambutan akan berlangsung Kamis, 24 Juli 2014. “Puncaknya diperkirakan H-4 dan H-3 Lebaran,” kata Dwi di kantornya, Rabu, 23 Juli 2014.

Menurut Dwi, hal itu karena para pemudik yang menuju Jawa Tengah atau Jawa Timur mengejar salat Ied di kampung halaman masing-masing. “Kalau H-2 baru berangkat khawatir tidak terkejar,” ujarnya. Dwi menjelaskan, sejak H-9 atau Sabtu, 19 Juli 2014, hingga saat ini, jumlah penumpang yang berangkat meningkat hingga mencapai tiga kali lipat dibanding hari biasa. Pada H-9, tercatat sebanyak 3.239 pemudik diberangkatkan dengan 503 armada bus AKAP. Jumlah ini kemudian naik pada hari berikutnya atau H-8 Lebaran, yakni sebanyak 3.937 orang dengan menggunakan 492 bus.

Kemudian, pada H-7 Lebaran tercatat ada sebanyak 3.227 penumpang yang diangkut oleh 484 bus. Kembali meningkat pada H-6, yakni sebanyak 3.483 penumpang yang berangkat dengan 509 bus. “Kalau hari biasa, hanya 400 bus yang beroperasi. Tapi, penumpangnya hanya tiga atau empat orang di setiap bus, karena memilih naik di luar terminal,” ujarnya.

Adapun, Kepala Terminal Pulogadung Muhamad Arafat memprediksi puncak arus mudik di Terminal Pulogadung akan terjadi pada H-2 Lebaran atau Sabtu, 26 Juli 2014. “Puncak arus baliknya kami prediksi H+5 Lebaran dengan peningkatan sekitar lima persen,” kata dia di Terminal Pulogadung, Rabu, 23 Juli 2014. Arafat menjelaskan, pada arus mudik 2013 lalu, puncak mudik terjadi pada H-4 Lebaran dengan memberangkatkan 4.505 pemudik. “Arus baliknya H+5 dengan jumlah pemudik yang tiba sebanyak 9.367 orang,” ujarnya.

Berdasarkan data di Pos Pengamanan Lebaran Terminal Pulogadung, pada H-7 Lebaran atau 21 Juli 2014, tercatat ada 1.823 pemudik yang diberangkatkan dengan menggunakan 123 bus. Sedangkan, penumpang yang datang atau tiba di Terminal Pulogadung ada sebanyak 1.250 orang dengan 126 bus.

Jumlah pemudik yang diberangkatkan pada H-6 Lebaran juga meningkat, yakni sebanyak 1.984 penumpang dengan menggunakan 131 bus. Namun, terjadi penurunan kedatangan, yakni 852 orang yang tiba dengan 139 bus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s