Hari Lebaran … Jalan Di Jakarta dan Puncak Diwarnai Macet Total


Sejumlah jalan di Jakarta macet total pada hari kedua libur Idul Fitri. “Berdasar laporan yang diterima dari petugas di lapangan, yang menjadi titik kemacetan parah terutama merupakan wilayah di sekitar tempat rekreasi,” ujar petugas Traffic Management Center Polda Metro Brigadir Satrio saat dihubungi, Selasa 29 Juli 2014. Satrio mengatakan jalan-jalan utama menuju kawasan Ancol, Ragunan, dan Taman Mini dalam kondisi padat merayap. Akun Twitter resmi TMC Polda Metro mencuit, belasan ribu kendaraan memenuhi jalan menuju Taman Margasatwa Ragunan sehingga terjadi kemacetan. Belasan ribu kendaraan itu terdiri atas dua ribu kendaraan roda empat dan lebih dari 10 ribu pengguna kendaraan roda dua.

Kemacetan tidak hanya terjadi di ruas jalan yang menuju area rekreasi, bahkan pada jalan bebas hambatan. Seperti yang dilansir pada linimasa Traffic Management Center Polda Metro, mobil-mobil di jalan tol dalam kota Cawang menuju Taman Mini padat merayap. Begitu juga arus lalu lintas di tol Kebon Jeruk menuju arah Tomang mengalami penumpukan kendaraan. Penumpukan kendaraan di beberapa wilayah Ibu Kota yang terjadi hari ini diprediksi akan terus berlangsung selama beberapa hari ke depan. “Ini akan kami antisipasi, baru kembali normal hari Minggu mendatang,” ujar Satrio.

– Arus lalu lintas di jalur Puncak sudah mulai mengalami peningkatan pada Lebaran hari kedua, Selasa, 29 Juli 2014. Bahkan antrean ribuan kendaraan empat yang didominasi pelat nomer polisi B (Jakarta) sudah memadati jalur puncak dari pukul 06.00 WIB. Akibatnya, kemacetan arus lalu lintas di kawasan Puncak pun tidak dapat terhindarkan. Muncul wacana untuk memberlakukan ERP didaerah puncak. “Kondisi kepadatan arus lalu lintas di sejumlah rusa di Kabupaten Bogor sudah mengalami peningkatan karena Kabupaten Bogor ini bukan tujuan mudik, akan tetapi merupakan tujuan wisata,” kata Kepala Polisi Resor Bogor Ajun Komisaris Besar Sonny Mulvianto Utomo saat ditemui di Gadog, Puncak, Selasa, 29 Juli 2014.

Dia mengatakan, khusus untuk jalur Puncak, peningkatan volume kendaraan bermotor milik masyarakat yang akan berlibur ke sejumlah lokasi wisata di Puncak sudah mengalami peningkatan sejak pagi hari. “Sejak pukul 06.00, antrean kendaraan yang menuju Puncak sudah terlihat dari Gerbang Jalan Tol Ciawi hingga 1 kilometer dan terus memanjang hingga kawasan Puncak,” ujarnya.

Menurut dia, Peningkatan volume kendaraan dari arah Jakarta ini mengakibatkan kondisi arus lalu lintas di jalur Puncak mengalami macet total sepanjang 10 kilometer, sehingga memaksa petugas Kepolisian Resor Bogor memberlakukan sistem satu arah (one way) dari arah Jakarta menuju Puncak. “Pada pukul 09.00, kami terpaksa memberlakukan satu arah dari arah Jakarta menuju Puncak dan menutup jalur dari arah Puncak menuju Jakarta agar tidak terjadi kemacetan yang cukup parah.” Namun, setelah satu jam pemberlakukan sistem stu arah, kondisi kemacetan arus lalu lintas di Puncak semakin parah. Pasalnya, ribuan kendaraan dari arah Cianjur menuju Puncak mengalami peningkatan. “Akhirnya, sekitar pukul 10.30, kami kembali menormalkan arus lalu lintas dengan memberlakukan kembali dua ruas jalur, sebagai salah bentuk mengurai kepadatan arus lalu lintas,” tuturnya.

Sementara itu, Wulan, 32 tahun, pengemudi asal Depok yang akan berwisata ke Puncak, mengaku lebih dari satu jam terjebak macet di jalur Puncak. “Mulai sebelum Gerbang Jalan Tol Ciawi, kondisi kendaraan sudah antre, dan diperparah lagi setelah melewati Gerbang Jalan Tol Ciawi ke arah Puncak, saya mulai terjebak macet,” kanya. Dia menuturkan, jika pada hari normal dan kondisi arus lalu lintas sedang lancar, dirinya bisa sampai Puncak hanya dengan menempuh perjalanan 30 menit. Namun, saat ini, sudah lebih satu jam dia baru berhasil menempuh perjalanan 3 kilometer saja. “Enggak tahu sampai jam berapa saya dan keluarga bisa ke Taman Safari Indonesia,” keluhnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s