Ubur Ubur Serang Pantai Selatan Gunungkidul


Puluhan wisatawan di pantai Selatan Gunungkidul menjadi korban sengatan ubur-ubur. Setidaknya sampai Selasa (29/07/2014), sudah 23 pengunjung yang disengat ubur-ubur di empat pantai Gunungkidul. “Sampai saat ini sudah 23 orang yang tersengat ubur-ubur,” ujar Marjono, Ketua SAR Satlimas Pantai Baron, Gunungkidul, Selasa.

Ia menuturkan, ada 14 wisatawan yang tersengat ubur-ubur di Pantai Kukup, seorang wisatawan di Pantai Gesing, tujuh wisatawan di Pantai Sepanjang dan satu wisatawan di Pantai Krakal. “Pada liburan tahun 2013 lalu total ada sekitar 503 orang,” kata Marjono.

Sebenarnya pihaknya sudah mengantisipasi kejadian itu dengan memasang rambu-rambu peringatan di sepanjang pantai. Menurut Marjono, pihaknya juga mengimbau wisatawan agar berhati-hati. “Kita berharap tahun ini (korban) tidak sebanyak tahun lalu,” tandasnya.

Sementara itu, Bendi Sugiyanto Koordinator SAR Satlimas Pos Pantai Kukup mengatakan sebagian besar korban adalah anak-anak, dari usia 3,5 tahun hingga 9 tahun. “Dari 14 korban, sebagian besar masih anak-anak. Mungkin karena tidak tahu,” kata Bendi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s