Satpol PP Ditahan Polisi Karena Melakukan Penertiban PKL Di Monas


Nada suara Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama langsung meninggi begitu mendengar laporan bahwa personel satpol PP ditahan pihak kepolisian karena diduga melakukan penganiayaan saat penertiban di Monas, Sabtu (2/8/2014). Mukanya langsung memerah seketika mengetahui tidak ada pihak yang membela personel satpol PP. Padahal, menurut dia, satpol PP bekerja untuk menegakkan Peraturan Daerah (Perda) Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum.

“Orang kita (satpol PP) ditangkap karena dianggap (melakukan) pengeroyokan. Satpol PP ini setiap melakukan tindakan di Monas,pasti langsung di-BAP polisi sebagai pengeroyokan. Ini kan konyol,” tekan Basuki di Balaikota Jakarta, Senin (4/8/2014). “Padahal, waktu orang kita (satpol PP) kepalanya bocor, pernah enggak ada polisi yang BAP si penganiaya itu? Enggak pernah ada,” keluh dia kesal.

Sebelumnya diberitakan, dalam penertiban kawasan Monas, Sabtu lalu, seorang personel satpol PP ditangkap polisi di Markas Polsek Metro Gambir. Kepala Polsek Metro Gambir AKBP Putu Putra Sadana mengatakan, tidak ada gesekan antara personel satpol PP dan TNI dalam penertiban kawasan Monas. Namun, personel satpol PP salah menertibkan orang yang mengenakan pakaian biasa.

“Satu orang (satpol PP) kita mintai keterangan karena ada gesekan saat penertiban. Yang diangkut bukan PKL, melainkan orang yang pakai baju biasa. Mungkin dia kira itu PKL,” kata AKBP Putu Putra seperti dilaporkan Warta Kota. Pihaknya pun akan memanggil beberapa personel satpol PP lainnya yang saat itu sedang melakukan penertiban. Kendati demikian, ia enggan mengungkap identitas personel satpol PP yang diamankan dan pihak mana yang melaporkan. Ia hanya menegaskan bahwa pihak yang melapor dari TNI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s