Ahok Akan Bangun Jalan Layang Yang Bikin Iri Pengendara Mobil Karena Bisa Dilalui Oleh Mobil Pribadi


Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah melakukan tender untuk pembangunan jalan layang koridor 13 Ciledug-Tendean. Jalan layang tersebut nantinya juga akan digunakan oleh bus-bus dari luar kota.

Selain itu, Ahok menegaskan juga telah meminta Kementerian Pekerjaan Umum untuk membangun enam ruas jalan layang tol dalam kota disertai dengan adanya jalur khusus untuk Transjakarta. Sehingga, lanjut Ahok, nantinya Jakarta bakal dikelilingi jalan layang khusus untuk angkutan umum.

“Yang dari luar kota pakai bus boleh pakai jalur tol yang kiri. Sehingga orang nanti iri kan. Misalnya macet di tol, tapi jalur khusus busnya lancar. Lama-lama kesel kan. Mending naik bus deh. Apalagi BBM enggak ada subsidi,” ujar Ahok di Balai Kota, Jakarta, Rabu (6/8).

Sementara itu, Wakil Kepala Dinas Pekerjaan Umum DKI Jakarta Agus Priyono mengatakan Pemprov DKI sudah menganggarkan pembangunan jalan layang tersebut sebesar Rp 2,5 triliun. Namun, jalur tersebut akan dibuat jalur campuran yaitu jalur Transjakarta dan kendaraan pribadi.

“Jadinya mix traffic, misalnya mau diterapkan ERP di sana, ya kami siapkan. Ini yang koridor Ciledug-Tendean dulu yang dibangun, karena traffic-nya paling berat,” kata Agus.

Selain koridor XIII, ada tiga koridor lain dalam proses pengajuan anggaran multiyears. Yakni koridor XIV Tendean-Kalimalang, koridor XV UI-Manggarai, dan koridor XI Kampungmelayu-Pulogebang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s