BPK Penabur Gunung Sahari Terbakar


Api melalap bangunan Sekolah BPK Penabur di Gunung Sahari, Jakarta Pusat pada Sabtu, 9 Agustus 2014. Kebakaran terjadi sejak sekitar pukul 18.15 WIB. Petugas Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat, Poniman mengatakan api berkobar dari lantai dua sekolah itu. “Sudah 27 unit yang diturunkan, saat ini masih bekerja,” kata Poniman ketika dihubungi, Sabtu. Menurut dia api hanya berkobar di satu bagian sekolah dan tidak menyebar ke bangunan lain di sekitarnya. Diduga, kebakaran itu terjadi akibat hubungan arus pendek. Sampai saat ini belum diketahui nilai kerugian maupun korban yang timbul akibat kebakaran itu.

Api membakar lantai 2 SMAK Penabur di Jl Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Hingga berita ini diturunkan, upaya pemadaman masih dilakukan Suku Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Pusat. Kebakaran itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 18.25 WIB. Pemadam kebakaran langsung menerjunkan 24 mobil damkar ke lokasi kebakaran. “Sekolah Penabur Gunung Sahari masih merah saat ini,” kata petugas Sudin Damkar Jakarta Pusat bernama Asep saat dikonfirmasi pada pukul 18.45 WIB, Sabtu (9/8/2014).

Belum diketahui penyebab kebakaran di sekolah swasta itu, termasuk ruangan yang terbakar dan kerugian yang diderita. Namun upaya pemadaman masih dilakukan. “24 Unit kita turunkan. Masih upaya pemadaman,” tutup Asep. Kebakaran yang melanda SMK Penabur yang berada di Gunung Sahari, Jakarta Pusat, saat ini sudah berhasil dipadamkan. Namun kemacetan akibat peristiwa tersebut tak dapat dihindarkan.

“Saat ini sudah tahap pendinginan. 29 unit damkar diturunkan untuk memadamkan api,” ujar Sudarno, Kasiops Damkar Jakarta Pusat saat ditemui di lokasi kebakaran, Sabtu (9/8/2014). Namun akibat kebakaran ini, Jalan Gunung Sahari yang mengarah ke Matraman terpantau padat. Sebagian karena aktivitas pemadaman api, sebagian lagi karena pengguna kendaraan sempat berhenti untuk memotret dan penasaran dengan kebakaran tersebut.

Menurut Sudarno, kebakaran berasal dari tenda di kawasan sekolah yang terbuat dari serat kayu yang gampang terbakar. “Yang terbakar adalah lantai dua sekolah. Sekarang sudah dalam penuntasan,” jelasnya. Seorang sekuriti sekolah bernama Sutriadi sempat mengalami luka saat berusaha memadamkan api saat kebakaran pertama kali terjadi. Saat ini korban yang terluka telah dibawa ke RSPAD Gatot Subroto untuk mendapatkan perawatan.

Belum diketahui jumlah kerugian yang diderita akibat kebakaran tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s