Operasi Penyambungan Tangan yang Terpotong Letda Infantri Dylan Abraham Berhasil


Kepala Penerangan Kostrad Cilodong Letnan Kolonel Infantri Hariyanto menyatakan tim medis Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto Jakarta berhasil menyambung tangan kiri Letda Infantri Dylan Abraham, anggota Denma Divif 1/K Kostrad Cilodong. Untuk mengetahui hasil proses operasi penyambungan tangan itu, pihaknya terus berkoordinasi dengan tim medis RSPAD.

“Sudah tersambung. Walau tidak bisa 100 persen normal, yang penting saraf dan nadinya bisa bersatu kembali,” ujar Hariyanto di Depok, Jumat, 8 Agustus 2014. “Kita berharap kondisi fisik Dylan bisa kembali normal.” Menurut dia, dokter mengambil tindakan operasi penyambungan tangan lantaran melihat ada harapan tangan Dylan bisa tersambung kembali. Dylan melakukan aksi bunuh diri di Jalan Raya Bogor KM 38, Cilodong, Depok, pada Rabu malam, 6 Agustus 2014. Akibatnya, ia mengalami luka sayat golok di leher dan kemaluan, serta tangan kirinya terpotong di antara pergelangan dan siku.

Sebelumnya, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Fuad Basya menuturkan Dylan mencoba bunuh diri karena stres. “Dia tertekan lantaran kariernya tak kunjung naik,” kata Fuad Kamis, 7 Agustus 2014. Karier Dylan seret, menurut Fuad, karena sering melanggar disiplin. Kini Dylan masih dirawat di ICU RSPAD. etnan Dua Dylan Abraham memotong tangan kirinya dengan golok. Aksi nekat itu dilakukan Dylan di Jalan Raya Bogor KM 38, Cilodong, Depok, pada Rabu, 6 Agustus 2014, sekitar pukul 22.30 WIB. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Fuad Basyamengatakan Dylan melakukan itu karena stres. “Dia tertekan lantaran kariernya tak kunjung naik,” kata Fuad, Kamis, 7 Agustus 2014. Karier Dylan seret, menurut Fuad, karena sering melanggar disiplin.

Kini Dylan dirawat di ICU RSPAD Gatot Subroto, Jakarta Pusat. Tim dokter yang menanganinya berusaha menyambung tangan yang telah putus itu. Berikut ini kronologi potong tangan dari keterangan sejumlah saksi mata. Seorang saksi mata, Budi Rianto, 30 tahun, mengatakan melihat Dylan keluar dari gerbang Hotel Uly Artha dengan mengenakan kaus dan celana jins. Budi yang berada di seberang jalan dari tempat Dylan berjalan memperhatikan lelaki itu melepas kaus yang dikenakannya. “Dia tampak linglung,” kata Budi.

Sekitar 50 meter dari hotel arah Jakarta, langkah Dylan terhenti. Dia kemudian menebas tangan kirinya dengan golok hingga putus. Tangan kiri Dylan jatuh ke trotoar, darah pun berceceran. Budi mengatakan, setelah tangan kirinya putus, Dylan mencoba menggorok leher, lalu membuka ritsleting celana dan berusaha memotong kemaluannya.

Budi dan warga sekitar berusaha menghentikan Dylan. Mereka merampas golok dan menanyakan kenapa Dylan berbuat senekat ini. “Ada masalah keluarga katanya,” ujar Budi. Kondisi Dylan semakin lemah karena kehilangan banyak darah. Tak lama datang petugas dari Kepolisian Sektor Sukmajaya, Depok, dan sejumlah anggota TNI. Lalu lintas di sekitar lokasi macet karena banyak pengendara yang menonton kejadian itu. “Tangannya dimasukkan ke dalam kantong plastik,” ujar Budi.

Dylan sempat dilarikan ke Rumah Sakit Sentra Medika, kemudian dirujuk ke RSPAD Gatot Subroto pada Kamis dinihari. “Pagi tadi langsung dioperasi untuk mengatasi luka di tangannya,” kata seorang petugas kesehatan di RSPAD Gatot Subroto. Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal Fuad Basya mengatakan lelaki yang memotong tangan kirinya di Depok pada Rabu malam, 6 Agustus 2014, adalah anggota TNI berpangkat letnan dua bernama Dylan Abraham. “Dia sekarang dirawat di RSPAD Gatot Soebroto,” ujar Fuad saat dihubungi pada Kamis, 7 Agustus 2014.

Berdasarkan informasi yang didapat, Fuad mengatakan, Dylan mengalami stres lantaran kariernya tak kunjung naik. Alasannya, Dylan kerap melanggar disiplin sehingga kariernya terhambat. “Sementara teman-temannya sudah letnan satu, dia masih letnan dua,” kata Fuad. Selain tangan kiri, Dylan juga hendak memutus lengan kanan, menggorok leher, dan memotong kemaluannya. Namun tindakan nekat itu berhasil dicegah oleh warga sekitar, polisi, serta aparat TNI yang datang. Dylan kemudian dibawa ke Rumah Sakit Sentra Medika, Depok, sebelum dirujuk ke RSPAD Gatot Soebroto. Hingga kini Dylan masih dirawat di ICU RSPAD Gatot Soebroto sejak masuk pada dinihari tadi.

Meski belum mengetahui kondisi Dylan, Fuad menyatakan tim dokter yang menanganinya berupaya menyambung kembali tangan kiri Dylan yang putus. Seorang pria berusia sekitar 30 tahun memotong tangannya sendiri dengan sebuah golok di Jalan Raya Bogor KM 38, Cilodong, Depok, pada Rabu, 6 Agustus 2014, sekitar pukul 22.30 WIB. Lelaki berperawakan tegap dan berambut cepak itu kehilangan tangan kirinya. Darah mengucur dari lengannya dan berceceran di sekitar lokasi.

Seorang saksi mata, Budi Rianto, 30 tahun, mengatakan melihat lelaki itu sendirian sambil menggenggam sebilah golok. “Saya lihat dia mau menebas tangan kanannya lalu menggorok lehernya sendiri,” kata Budi, Kamis, 7 Agustus 2014. Budi kemudian berteriak meminta bantuan ketika melihat pria itu hendak menebas lehernya. Warga yang menolong sempat bertanya kenapa lelaki itu bertindak nekat. “Dia bilang, ada masalah keluarga.”

Budi yang berada di seberang jalan dari posisi lelaki tadi mengaku sudah memperhatikan gerak-geriknya. “Dia tampak linglung,” ujarnya. Menurut Budi, sebelum memotong tangannya sendiri, pria itu terlihat keluar dari pintu gerbang Hotel Uli Artha, atau sekitar 50 meter dari tempat dia memotong tangannya.

Seraya melangkah dari hotel itu, lelaki tersebut perlahan membuka kaus yang dikenakannya, kemudian memotong tangan kirinya. Potongan tangan itu jatuh di trotoar. Saat diselamatkan warga, ritsleting celana jins yang dipakai lelaki itu terbuka. Dia diduga hendak memotong kemaluannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s