Empat Kecamatan di Subang Krisis Air Karena Kemarau Panjang


Musim kemarau yang kini terjadi di Subang, Jawa Barat, menyebabkan ribuan hektare area persawahan rusak akibat kekeringan, terutama di wilayah pantai utara. Tak hanya itu, kemarau juga membuat sejumlah daerah di Subang mengalami krisis air.

“Akibat kemarau, empat kecamatan di Subang mengalami krisis air,” kata Kepala Bidang Sumber Daya Dinas Pertanian Tanaman Pangan Kabupaten Subang, Hendrawan, kepada Tempo di kantornya, Senin, 25 Agustus 2014. Keempat kecamatan itu adalah Pusakajaya, Pusakanagara, Legon Kulon, dan Pamanukan. Akibat krisis air, 28 ribu hektare tanaman padi usia 10 hari di Kecamatan Pusakajaya kini kering.

Menurut Hendrawan, instansinya sudah melakukan berbagai antisipasi dini bersama para petani agar kekeringan yang mengancam area persawahan pada musim tanam gadu bisa teratasi. “Caranya, menyalurkan dengan pompa air dan pengerukan saluran irigasi yang airnya bersumber dari saluran Induk Tarum Timur Waduk Jatiluhur,” kata Hendrawan.

Carta, petani Desa Kalentambo, khawatir debit pasokan air dari Tarum Timur berkurang saat kemarau. Karena itu, dia meminta Perum Jasa Tirta II Jatiluhur, Purwakarta, tetap menggelontorkan pasokan air irigasi ke empat kecamatan di Pantura. “Sekarang sawah kami mulai kekeringan,” ujarnya.

Direktur Pengelolaan Sumber Daya Air PJT II Jatiluhur Harry M. Sungguh menjamin pasokan air ke saluran Induk Tarum Timur, Utara, dan Barat tetap aman hingga akhir 2014. Saat ini tinggi muka air Waduk Jatiluhur masih pada kisaran 102,74 meter. “Kondisi tersebut masih sesuai dengan pola, ini sangat aman,” katanya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s