Baru Beroperasi Januari 2014 … Bus Trans Jakarta Meledak Dan Terbakar Di Halte Al-Azhar


Satu unit bus TransJ meledak dan terbakar di Halte TransJ Al-Alzhar, Jakarta Selatan. Bus asal China itu bermerek Yutong dan diketahui baru datang tahun lalu. Belum ada setahun Yutong beroperasi di ibu kota. “Busnya dioperasikan (BLU) Transjakarta. (Merek) Yutong, 2013,” kata Kepala BLU TransJakarta, Pargaulan Butarbutar, saat dihubungi, Kamis (28/8/2014).

Dia menuturkan, bus Yutong yang beroperasi untuk TransJ express jurusan Kalideres-Blok M berjumlah 10 unit. “Bus ini produksi 2013 dan mulai operasi 22 Januari 2014,” kata Humas BLU Transjakarta, Sri Ulina Pinem, secara terpisah. Sebelumnya, pagi tadi bus TransJ express 022 jurusan Kalideres-Blok M. Ditanya soal penyebab ledakan, Pargaulan menyatakan masih dalam penyelidikan. Namun, dia memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.

“Penumpang langsung diturunkan, sudah dipadamkan,” kata dia seraya menambahkan bus itu sudah di tarik ke pool yang berlokasi di Pinang Ranti. Api besar yang menghanguskan TransJ gandeng ternyata merembet ke Halte Al Azhar, Kebayoran Baru, Jaksel. Tampak sebagian halte menghitam. Api memang besar dan menyambar bagian pinggir halte di dekat bagian bus.

Pantauan di lokasi, Kamis (28/8/2014) pukul 09.00 WIB, petugas pemadam sudah melakukan pendinginan. Api yang menyambar halte dan juga bus sudah padam. Petugas sudah memasang police line di seluruh bagian bus TransJ gandeng yang baru itu. Tak diketahui apa penyebab kebakaran, pastinya menurut saksi api muncul dari bagian belakang. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, 20 penumpang segera keluar begitu api muncul.

TransJ gandeng itu masih nongkrong di jalur TransJ. Praktis jalur TransJ menuju arah Blok M tak bisa dilintasi. Menurut Kasat Lantas Polres Jaksel AKBP Sutimin, pihaknya sudah melakukan penyelidikan. Sang sopir bernama Wesliger sudah dimintai keterangan di Mapolsek Kebayoran Baru. Lagi-lagi TransJ terbakar. Kali ini terjadi di Halte Al Azhar, Kebayoran Baru, Jaksel. Tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Namun seluruh bagian TransJ gandeng hangus terbakar. Sebagian halte juga ikut tersambar api.

“Pengemudi telah berhenti, mendengar seperti ledakan, seperti ban, setelah dicek, penumpang diharapkan keluar, ternyata bukan ban, tapi di mesin ada api, di sebelah kanan,” kata Kasat Lantas Jaksel AKBP Sutimin di lokasi, Kamis (28/8/2014). Peristiwa terbakarnya TransJ itu sekitar pukul 07.35 WIB. “Alhamdulillah tidak ada korban,” jelas Sutimin. Ketika api membesar, petugas TransJ segera mengontak pemadam kebakaran. Tak lama, begitu petugas datang api segera dipadamkan.

“Ada 2 unit pemadam,” imbuh Sutimin. Petugas kepolisian kemudian membawa sopir dan kondektur bus ke Polsek Kebayoran Baru untuk diperiksa. Sedang 20 penumpang dipersilakan melanjutkan perjalanannya. “Sopir dan pengemudi sudah diamankan ke Polsek untuk ditangani, mudah-mudahan operator busway selalu cek dan ricek,” imbuhn. “Ini busnya kita derek dulu,” tutup Sutimin.

Wagub DKI Basuki T Purnama atau Ahok geram dengan kondisi yang dialami bus TransJ. Ahok meminta agar semua bus asal China itu dicek, apakah masih layak atau tidak. Bus TransJ itu alami mogok, terbelah, dan yang terakhir terbakar. “Cek ulang,” kata Ahok di balai kota DKI, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (28/8/2014). Menurut Ahok, jangan sampai semua bus yang ada ke depannya malah membuat celaka. Harus dicek benar-benar saat hendak beroperasi apakah masih layak atau tidak.

“Layak nggak mereka untuk jalan,” tambahnya. Kasus soal pengadaan TransJ asal China ini memang sudah ditangan jaksa. Diduga ada mark up dalam proses pengadaan pada 2012 dan 2013 ini. Kejagung sudah menetapkan sejumlah tersangka termasuk mantan Kadishub DKI Udar Pristono.

Aduh, bagaimana ini Ahok kok kagak beres-beres sih kerjanya … ???

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s