Pipa Pertamina Meledak dan Terbakar Di Subang … 3 Warga Tewas


Meledak dan terbakarnya pipa milik Pertamina di Subang menelan korban jiwa. Tiga warga tewas, empat lainnya luka bakar. Begini penampakan kobaran api dan asap di lokasi kejadian. Gambar diperoleh Kamis (28/8/2014). Di foto ini asap hitam pekat menjulang ke langit. Api terlihat menyala merah di area luas tersebut. “Kebakaran pipa milik Pertamina dengan ketinggian api lebih kurang 50 meter dan menimbulkan asap ketinggian 100 meter,” kata Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Martinus Sitompul via pesan singkat.

Akibat insiden ini, menurut Martin, tiga rumah semipermanen yang dihuni warga di bantaran sungai terbakar. Rumah warga itu berada di daerah yang terlewati pipa Pertamina, lokasinya sekitar 3 kilometer dari lokasi kebakaran pipa. “Tiga orang warga diduga terbakar dan meninggal dunia,” kata Martin.

Kebakaran pipa Pertamina di Subang sangat dahsyat. Selain menewaskan 3 orang, melukai 4 orang, dan membakar 3 rumah, kebakaran juga menghanguskan 10 kambing dan 55 pohon kelapa. Menurut Kabid Humas Polda Jabar Kombes Martinus Sitompul, Kamis (28/8/2014), korban tewas berada di Puskesmas Mandalawangi sedangkan korban luka bakar berada di RS PMC Pamanukan Subang.

Selain korban jiwa, berikut rincian kerugian materi:

1. 55 pohon kelapa yang berada di sepanjang kali terbakar
2. 10 ekor kambing milik Sarim terbakar
3. 1 unit sepeda motor milik Sarim terbakar

Belum diketahui pemicu kebakaran dan ledakan pada pipa Pertamina di Subang, Jawa Barat. Polisi sudah turun ke lokasi dan melakukan olah TKP. “Tim masih di lokasi kejadian, masih olah TKP,” kata petugas piket Polres Subang, Aiptu Teguh, saat dikonfirmasi, Kamis (28/8/2014) sekitar pukul 10.50 WIB.

Lokasi kejadian berada di Jl Raya Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Subang. Ini merupakan jalan raya pantura. Menurut catatan kepolisian, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 05.48 WIB. Sedangkan tim Pemadam Kebakaran Kabupaten Subang menerima laporan pada pukul 06.30 WIB dan mengerahkan 4 mobil.

“Api belum sepenuhnya padam,” kata petugas jaga Dinas Pemadam Kebakaran, Agung, yang dihubungi pada pukul 10.20 WIB. Sementara dalam rilisnya, Polda Jabar menyebut kebakaran tersebut mengakibatkan 3 rumah semipermanen yang dilewati pipa terbakar dan 3 Orang tewas. Saat ini, korban dibawa ke Puskesmas Mandalawangi. Sedang Pertamina belum mengetahui penyebab kebakaran itu karena pihaknya masih menyelidiki. Pipa yang terbakar disebut merupakan pipa yang menyalurkan produk Pertamina dan bukan pipa gas.

Penyebab terbakarnya pipa Pertamina di daerah Mandalawangi, Subang, Jawa Barat, belum diketahui. Tim Pertamina sedang menyelidikinya. “Kami belum bisa memastikan, tim masih menyelidiki penyebabnya,” kata Asisten Manager External Relations Mila Suciyani, Kamis (28/8/2014). Mila mengatakan, kejadian ini terjadi sekitar pukul 05.30 WIB pagi tadi. “(Api) sudah berhasil kita padamkan,” terang Mila.

Dia menuturkan, pipa yang terbakar adalah pipa yang mengangkut hasil produksi Pertamina, “Bukan pipa gas,” ucapnya.
ila yang sedang dalam perjalanan dari Jakarta ke lokasi ini belum bisa menginfokan lebih lanjut soal dampak dari kebakaran. Sedangkan Kabid Humas Polda Jabar Kombes Martinus Sitompul yang dihubungi terpisah mengatakan tiga orang tewas akibat peristiwa ini.

Pipa Pertamina di Kampung Batang, Desa Mandalawangi, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Subang, Jawa Barat, terbakar hari ini pukul 05.48 WIB. 3 Orang tewas dalam kebakaran pipa yang terletak di pinggir jalan raya Pantura ini. “Kebakaran pipa milik Pertamina dengan ketinggian api lebih kurang 50 meter dan menimbulkan asap ketinggian 100 meter,” ujar Kabid Humas Polda Jabar Kombes Martinus Sitompul, dalam rilisnya, Kamis (28/8/2014).

Martinus menjelaskan, terdapat 3 unit rumah warga semipermanen di bantaran sungai terbakar. “Dan terdapat 3 warga diduga terbakar dan meninggal dunia,” ujarnya. Korban tewas kini berada di Puskesmas Mandalawangi. Rumah yang terbakar terletak di kawasan yang terlewati pipa Pertamina.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s