Pemda Bogor Akan Larang Kendaraan Plat B Masuk Bogor Untuk Atasi Kemacetan


Pemerintah Kota Bogor berencana akan mengeluarkan kebijakan pembatasan kendaraan yang masuk dan hilir mudik di sejumlah ruas jalan raya Kota Bogor, salah satunya dengan mengeluarkan kebijakan satu hari tanpa kendaraan berpelat nomor B (asal Jakarta) masuk ke Bogor.

“Pak wali memiliki program dan berwacana satu hari tanpa kendaraan berpelat B, baik kendaraan milik warga Bogor maupun luar warga Bogor,” kata Wakil Wali Kota Bogor Usmar Hariman, Selasa, 16 September 2014.

Dia mengatakan, kebijakan satu hari tanpa kendaran plat nomor B (asal Jakarta) tersebut dimaksudkan untuk mengantisipasi kemacetan yang cukup parah di Kota Bogor. “Artinya dengan dikeluarkan kebijakan ini semua harus terfasilitasi oleh angkutan umum massal seperti APTB dan lainya,” kata dia.

Dia mengatakan, pemberlakuan kebijakan yang akan dilakukan oleh pemerintah Kota Bogor ini akan dikaji oleh Tim Percepatan Penanggulangan Prioritas Pembangunan (TP4) yang sudah dibentuk oleh Wali Kota Bima Arya.”Rencananya sosialisasi sendiri mulai dilakukan tahun 2015 dan dilakukan bukan hanya di Kota Bogor akan tetapi pada masyarakat Jakarta,” kata dia.

Nantinya, ungkap Usmar, semua kendaraan yang berpelat B baik warga Jakarta, maupun Bogor, tidak bisa masuk kawasan Kota Bogor pada akhir pekan.”Akan ada pembangunan fasilitas parkir, jadi setiap masyarakat Jakarta atau Bogor yang akan ke Jakarta atau Bogor bisa memarkirkan kendaraannya di satu lokasi itu, kemudian mereka melanjutkan perjanan menggunakan kendaraan umum,” kata dia.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s