Kisah Pretty dan Angels … SPG Cantik dan Imut Di IIMS 2014


Selain kendaraan canggih dan keren, pameran otomotif identik dengan penampilan gadis-gadis cantik. Coba tengok, perempuan dengan dandanan menarik bisa ditemui di hampir semua booth peserta pameran otomotif, tak terkecuali Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014. Wanita cantik ini biasa dikenal sebagai sales promotion girl atau SPG. Dengan kelembutan, kecantikan, dan senyumannya, mereka menjadi andalan agen pemegang merek atau pabrikan otomotif untuk menjaring pengunjung dan calon konsumen.

SPG cantik di IIMS 2014 punya julukan sendiri, sesuai dengan merek yang mereka kawal. PT Astra Daihatsu, misalnya, menjuluki SPG di booth mereka dengan sebutan Daihatsu Pretty. Salah satu di antaranya adalah Ni Made Ita Rossyani yang berusia 24 tahun. Menurut Ita, dirinya bertindak sebagai tim pemasaran Daihatsu. Karena itu, kata dia, tingkah laku Daihatsu Pretty jauh dari kesan centil. “Kami disebut usher atau penerima tamu, bukan SPG, karena tugas kami berbeda dengan SPG,” kata dia.

Ita yang lulus dari London School of Public Relation itu menolak disebut SPG karena beberapa alasan. Salah satunya, kata dia, SPG cenderung mengutamakan penampilan fisik. Padahal, sebagai Daihatsu Pretty, Ita dituntut untuk bersikap profesional karena mewakili citra perusahaan. “Kami harus memahami produk karena bertugas memberikan penjelasan,” ujarnya. Lain Daihatsu, lain pula Suzuki. Suzuki memberi julukan Suzuki Angels bagi gadis-gadis duta promosi di booth-nya.

Juru bicara PT Suzuki Indombil Sales Dimelza Sharindradini mengatakan Suzuki Angels adalah bagian dari tim pemasaran yang memberikan penjelasan mengenai produk yang ditawarkan kepada konsumen. Karena itu, Suzuki tidak ragu menanamkan investasi untuk Suzuki Angels. Demi meningkatkan kinerja, kata Dimelza, para Suzuki Angels itu terus dievaluasi dan dilatih agar sanggup menjadi mediator penjualan. Suzuki bekerja sama dengan sebuah universitas untuk melatih para Angels. “Konsepnya mirip kontes kecantikan Miss Universe yang memegang prinsip brain, beauty, dan behave,” ujarnya.

Berbagai cara dilakukan oleh produsen otomotif untuk menarik pengunjung di ajang Indonesia International Motor Show 2014. Salah satunya adalah dengan menampilkan artis-artis terkenal untuk menghibur para penonton. “Kami sengaja mengundang artis agar pengunjung terhibur dan tertarik ke mengunjungi booth kami,” kata Head of Communication Development PT Suzuki Indomobil Sales, Dimezal Sharindradini, saat ditemui di Kemayoran, Jakarta, Sabtu, 20 September 2014. Dimelza mengatakan, keberadaan artis-artis itu penting karena bisa menarik pengunjung.

Keberadaan artis ternama otomatis menarik pengunjung IIMS untuk mendatangi pameran yang digelar Suzuki. Karena itu, dia mengatakan perusahaannya tidak tanggung-tanggung dalam mendatangkan artis ternama. Salah satu artis yang didatangkan, kata dia, adalah penyanyi Syahrini. Artis yang popular dengan istilah ‘sesuatu banget ya’ itu khusus diundang untuk menghibur pengunjung. “Jadi kami juga memberikan hiburan kepada pengunjung agar mau mendatangi Suzuki,” katanya. Bahkan, pekan depan Suzuki bakal menyuguhkan hiburan music dari artis kenamaan internasional Arkarna.

Selain itu, keberadaan Suzuki Angels juga disebutnya menjadi daya tarik bagi penggemar otomotif. Keberadaan perempuan cantik di sebelah mobil-mobil yang dipamerkan juga membuat pengunjung tertarik mendatangi booth Suzuki. Dimelza mengatakan, perusahaan juga totalitas dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi tim promosinya tersebut. “Kami tidak ragu karena itu juga sebagai investasi, mereka (Suzuki Angels) juga menjadi bagian tak terpisahkan dari Suzuki,” ujar dia.

Cara menarik pengunjung dengan mendatangi artis juga dilakukan oleh Toyota. Pada akhir pekan ini, mereka mendatangkan grup musik Kahitna untuk menghibur pengunjung. Cara itu, ujar PR Manager PT Toyota Astra Motor, Rouli Sijabat, sebagai persembahan spesial kepada pengunjung Toyota. “Kami memang sudah biasa menghadirkan artis untuk menarik pengunjung,” kata dia. Menurut dia, pengunjung IIMS 2014 juga perlu mendapatkan hiburan saat melihat mobil-mobil yang dipamerkan. Hal itu karena ajang pameran otomotif tahunan itu juga meliputi kegiatan pariwisata dan hiburan.

“Kami juga mengundang grup band Kotak,” katanya. Selain artis, Rouli mengatakan Toyota sengaja menghadirkan mobil konsep dalam pameran kali ini. Menurutnya, keberadaan mobil-mobil futuristic itu juga atensi khusus pengunjung karena bentuknya yang berbeda. Selain itu, teknologi yang belum banyak digunakan juga menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. “Karena banyak mobil konsep yang special ditampilkan oleh Toyota pada IIMS ini, dan belum tentu bisa dilihat secara bebas oleh masyarakat,” kata dia.

Pesona gadis-gadis cantik atau sales promotion girl (SPG) menjadi kisah spesial yang mewarnai pameran Indonesia International Motor Show 2014. Selain anggun, manis, dan mempesona, beberapa dari gadis-gadis ini mengantongi gelar pendidikan yang cukup tinggi.

Salah satunya adalah Ni Made Ita Rossyani, anggota Daihatsu Pretty atau tenaga pemasaran di booth PT Astra Daihatsu Motor. Ida yang baru berusia 24 tahun ternyata lulusan pendidikan sarjana strata II. Ida mengantongi gelar master komunikasi dari London School of Public Relation.

Tak sekadar master, Ida pun lulus dengan predikat cum laude. Nah … bagi para laki-laki penggemar male chauvinisme, jangan coba-coba mendekati para gadis ini bila tidak ingin egonya jatuh karena kalah cerdas. Mita mengaku bersedia menjadi Daihatsu Pretty karena banyak hal.

Selain menambah penghasilan, ajang ini dia jadikan arena untuk melatih ilmu komunikasi yang didapat di kampus. Apalagi, kata Mita, ada tantangan tersendiri untuk memberikan informasi seputar produk otomotif. “Bagi saya, ini adalah ilmu baru,” kata Mita. Mita mengatakan sudah dididik secara khusus oleh tim pemasaran Daihatsu sebelum terjun ke arena IIMS 2014.

Karena itu, Mita yakin mampu menggaet konsumen dengan cara dan sikap yang profesional. “Karena kami mewakili citra perusahaan,” ujarnya. Mita juga mengaku tidak khawatir dengan citra buruk yang melekat pada sales promotion girl. Sebab, dia merasa tidak cuma mengandalkan kecantikan meskipun hal tersebut yang utama saat memberi penjelasan kepada para pengunjung di booth Daihatsu. “Sikap kami jauh lebih penting setelah standar kecantikan fisik terpenuhi.”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s