Pria Berbaju Hitam Di Amankan Polisi Sawangan Karena Dituding Jelmaan Babi Ngepet


Polisi memastikan TY (36), pria yang dituding babi ngepet oleh warga Sawangan sudah dilepaskan. Dia hanya korban salah tangkap karena berada di tempat yang salah saat malam Jumat. Petugas Koramil Sawangan yang tahu soal peristiwa itu bercerita, awalnya TY berhenti di dekat kuburan Sawangan. Dia menaiki sebuah mobil. TY kemudian turun sambil membawa tas besar dan berpakaian serba hitam. Kejadian itu tepat menjelang tengah malam Jumat.

“Jadi dia turun nyari alamat saudaranya. Karena di situ lagi ada isu babi ngepet, warga langsung nuding karena cowok itu pakaiannya serba hitam dan bawa tas,” kata petugas Koramil yang enggan disebut namanya tersebut, Jumat (10/10/2014). Petugas Koramil yang mendengar kejadian itu langsung sigap mengamankan. Sebab, bila dibiarkan, bisa terjadi aksi main hakim sendiri.

“Padahal dia punya KTP dan segala macam. Tudingannya juga nggak benar, tapi karena warga sudah marah, kita amankan,” tambahnya. “Itu karena kebetulan aja pakai baju serba hitam, bawa mobil, bawa tas dan malam Jumat dekat kuburan,” tambah petugas tersebut. TY sempat diserahkan ke Polsek Sawangan sebelum akhirnya dilepaskan.

Imam (52), salah seorang warga di Gang Pemuda, Sawangan Baru, Depok, Jabar, melihat langsung peristiwa penangkapan TY saat malam Jumat karena diduga sebagai babi ngepet. Dia menyebut, insiden itu terjadi karena ada penduduk yang kehilangan uang lalu menyalahkan babi ngepet. “Di daerah sini emang lagi banyak kabar babi ngepet. Banyak uang warga yang hilang, Tapi kan itu cuma kabar, toh kan nggak kelihatan wujudnya,” kata Imam saat ditemui di lokasi, Jumat (10/10/2014).

Peristiwa hilangnya uang warga paling terakhir terjadi pekan lalu. Lokasi rumahnya cukup jauh dari kuburan Jati Sawangan, namun masih dalam satu desa. “Mereka langsung menyebut babi ngepet sebagai biang keladi,” imbuhnya. Nah, malam tadi, ada seorang pria berbaju hitam yang sedang mencari alamat. Warga memang sedang berkumpul malam itu. Namun entah kenapa, warga langsung menudingnya babi ngepet. Padahal tidak terbukti.

“Kalau semalam emang lagi nyari alamat rumah saudaranya, itu mah orang keder. Kasihan jadinya fitnah. Dasar orang sini emang lagi parno,” urainya. Saat hendak dihakimi, TY langsung diamankan oleh pihak Koramil. Lalu diserahkan ke Polsek Sawangan. Tak lama berselang, TY pun dilepaskan.

Polisi mengimbau agar warga Sawangan, Depok, Jawa Barat tak mudah percaya pada isu yang berkembang soal babi ngepet. Semua cerita soal babi ngepet selama ini hanya isu belaka. “Isu babi ngepet yang ada di Sawangan Baru sebenarnya hanya isu belaka,” kata Kapolsek Sawangan Kompol Saderi, Jumat (10/10/2014).

Imbauan Saderi ini terkait aksi warga yang mengamankan TY, seorang pria asal Kalimantan yang disangka pelaku babi ngepet. TY kemudian dibebaskan polisi, setelah diperiksa. Keberadaan pria itu pada Kamis (9/10) malam di Sawangan karena dia tengah mencari alamat saudaranya. “Tidak ada babi ngepet di Sawangan, yang ada 8 patung kuda masih utuh berdiri di depan Polsek Sawangan,” canda Saderi.

Warga Sawangan, Depok, meringkus seorang pria mencurigakan yang berdiam diri di dekat kuburan. Mereka menuding pria itu sebagai babi ngepet. Aksi ini rupanya dilatarbelakangi isu babi ngepet yang sudah lama merebak. “Di situ memang lagi ada isu babi ngepet akhir-akhir ini,” kata seorang petugas koramil Sawangan yang enggan disebut namanya, Jumat (10/10/2014).

Koramil Sawangan sempat membantu mengamankan pria tersebut. Sebab, ada kekhawatiran aksi main hakim sendiri. Setelah diamankan, Koramil menyerahkan pria itu ke Polsek Sawangan. “Kita cuma mengamankan saja karena takut digebukin warga. Dia punya KTP dan segala macam, tudingan warga sebenarnya nggak benar,” tegasnya.

Anggota TNI ini tak menjelaskan secara detail bagaimana sebenarnya isu babi ngepet di Sawangan tersebut. Termasuk sudah berapa banyak korban yang dicuri hartanya. Yang jelas, warga Sawangan sudah sangat emosi ketika menangkap pria tersebut. “Warga sangat marah dan curiga soalnya di situ lagi ramai isu babi ngepet,” tambahnya.

Pihak kepolisian sebelumnya sudah memastikan, pria yang diamankan itu hanya korban salah tangkap. Pria tersebut kebetulan berbaju hitam dan berdiam di dekat kuburan tengah malam karena sedang mencari alamat. Kini, pria tersebut sudah dipulangkan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s