Air Di Rumah Susun Daan Mogot Hitam


Sudah satu pekan warga Rawa Belong, Jakarta Barat, menempati Rumah Susun Sewa (Rusunawa) Daan Mogot. Raisah, 45 tahun, wara Rusunawa Daan Mogot Blok C 209, mengeluhkan kondisi air yang menghitam. “Airnya hitam, dan terasa licin. Warga di sini cemas, takut jadi gatal-gatal,” kata dia, saat ditemui Tempo di kediamannya, Ahad, 19 Oktober 2014.

Dia mengatakan, warga telah mengeluhkan kondisi tersebut pada pengelola gedung. “Kata pengelola, dua bulan lagi air mulai normal,” ujarnya. Menurut Raisah, pengelola Rusunawa menjelaskan kondisi air tesebut disebabkan oleh resapan tanah pada sumur. Dua bulan lagi, pengelola akan mengaktifkan air PAM.

Selain kondisi air yang tak layak, mereka pun mengeluhkan akses yang jauh dari jalan raya. Untuk mencapai Rusunawa, mereka mesti menempuh jarak 800 meter dari Jalan Raya Daan Mogot. Konidisi jalan pun masih berupa tanah, yang kerap menghembuskan debu ke arah Rusunawa.

“Angin yang besar membuat debu berterbangan ke dalam rumah kami,” katanya. Selain oleh angin, debu-debu itu berterbangan karena kendaraan yang melintas. Pada Jumat, 10 Oktober 2014, Kepala Proyek Rusunawa Daan Mogot, Hardyanto, dan Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi melakukan pengecekan kondisi Rusunawa Daan Mogot. Herdyanto mengatakan pembangunan di atas lahan 8 hektar ini akan rampung di akhir Desember 2014. “Saat ini yang baru siap hanya 160 ruangan saja,. Desember mendatang sudah 640 ruangan,” ujar dia.

Hal tersebut membuat pihaknya menunda pembangunan akses jalan. Alasannya, masih banyak kendaraan besar yang melintas menuju Rusunawa. Saat itu, dia mengatakan kondisi air dan pelistrikan sudah layak digunakan warga. Saat Wali Kota Jakarta Barat Anas Effendi mengecek kondisi Rusunawa, air yang ia cek mengalir deras dan jernih. “Tak ada lagi kekurangan. Warga sudah siap dipindahkan,” kata dia, saat itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s