KPK Siapkan Sanksi Tegas Buat Tahanan Yang Memiliki HP Dan Bukan Sanksi Buat Penjaga Penjaranya


Minggu lalu KPK melakukan sidak rutin di rutan Guntur dan rutan KPK. Hasilnya, beberapa telepon seluler ditemukan di kamar milik tahanan. KPK menyiapkan sanksi tegas untuk tahanan yang memiliki telepon seluler itu. “Siapapun yang melakukan pelanggaran akan mendapatkan sanksi sesuai derajat kesalahannya,” kata Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto saat berbincang, Jumat (24/10/2014).

Beberapa sanksi bisa diberlakukan kepada para tahanan korupsi yang bandel itu. Salah satu sanksi yang bisa diterapkan adalah mengisolasi tahanan untuk jangka waktu tertentu. Menurut Bambang, sidak yang dilakukan adalah kegiatan rutin. Sidak dilakukan apakah peraturan yang ada telah dijalankan secara konsisten. “Sidak adalah program rutin yang dilakukan di KPK untuk memastikan peraturan di rutan dilakukan secara konsisten,” jelasnya.

KPK akan meneliti siapa saja yang telah melanggar peraturan membawa HP ke dalam rutan. Bahkan, KPK bisa saja melacak pihak-pihak yang berkomunikasi dengan tahanan yang berada di rutan menggunakan HP. “Jumlahnya yang jelas lebih dari satu dan kita akan mendalami,” tegas komisioner bidang penindakan itu.

Berdasarkan keterangan yang terungkap dalam persidangan dengan terdakwa eks Kepala Bappebti Syahrul Raja Sempuna Jaya, dua tahanan di rutan Guntur yang tertangkap basah membawa HP adalah Raja Bonaran Situmeang dan Tubagus Chaery Wardhana alias Wawan. HP itu disimpan dalam tumpukan berkas perkara yang biasanya dibawa oleh para tersangka dan terdakwa di dalam rutan.

Sementara itu, dalam sidak di rutan KPK juga ditemukan beberapa HP di kamar tahanan. Namun, pihak KPK belum mengkonfirmasi siapa pemilik HP yang ditemukan di rutan KPK itu. Dugaan sementara, HP dimasukkan oleh para pembesuk dengan menyelipkannya ke berkas perkara. Oleh karena itu, KPK akan memperketat aturan jenguk. Selain itu, KPK juga telah melarang para tahanan membawa berkas perkara ke dalam rutan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s