Makna Seragam Putih Menteri Jokowi Tanpa Desain Menurut Desainer


Desainer Musa Widyatmodjo memberikan pandangannya tentang makna seragam yang digunakan oleh para calon menteri kabinet Presiden Joko Widodo. “Seragam itu memberikan gambaran khusus kepada masyarakat,” kata Musa saat dihubungi, Ahad, 26 Oktober 2014.

Menurut Musa, setiap baju memiliki makna tertentu bagi orang atau komunitas pemakainya. Sebab, busana adalah salah satu bentuk komunikasi kepada publik. Untuk makna menggunakan seragam pada kabinet, kata Musa, hal itu merupakan bentuk kerja sama satu tim antara Presiden, Wakil Presiden, dan para pembantunya. “Seragam bermakna mereka sudah berada dalam satu tim yang solid,” kata Musa.

Selain itu, seragam menjadi makna perkumpulan yang memiliki paham sama antara satu dan lainnya. Hal itu sama seperti yang dilakukan beberapa korporasi. “Korporasi menggunakan seragam pasti ada tujuan dan maknanya,” kata Musa.

Menurut Musa, warna putih memiliki arti netral, bersih, dan berhati-hati. Seseorang yang menggunakan baju putih niscaya akan berhati-hati dalam melakukan aktivitas karena dikhawatirkan menodai baju putihnya. Walhasil, orang yang memakai baju putih biasanya orang yang hati-hati serta tidak selebor. Musa pun berharap kabinet Jokowi bisa bekerja sesuai makna baju putih yang dikenakannya.

Menurut Musa, Presiden Joko Widodo tetap harus menyampaikan makna kemeja putih yang dimintanya untuk dikenakan oleh para pembantunya. “Busana itu bentuk komunikasi kepada masyarakat juga. Seragam ini strategi unik dari Pak Jokowi,” kata Musa.

Presiden Joko Widodo akan mengumumkan susunan kabinetnya pada 26 Oktober sore. Ia pun meminta para calon menterinya untuk mengenakan kemeja putih. Kemeja itu seragam dengan baju yang dikenakan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Advertisements

One response to “Makna Seragam Putih Menteri Jokowi Tanpa Desain Menurut Desainer

  1. semoga seragam di sukai banyak masyarakat.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s