Kominfo Digugat ke MA Karena Sering Blokir Situs Bisnis dan Ilmu Pengetahuan


Koalisi sejumlah lembaga swadaya masyarakat dan perorangan menggugat Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 19 tahun 2014 tentang Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif ke Mahkamah Agung. Peneliti Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (Elsam), Wahyudi Djafar, menyatakan aturan tersebut seharusnya dicabut karena digunakan pemerintah untuk memblokir situs yang dinilai bermanfaat, salah satunya situs konversi kurs dunia oanda “Pemerintah tidak bisa memblokir situs secara sewenang-wenang karena melanggar kebebasan informasi,” ujar Wahyudi, Senin, 24 November 2014.

Para penggugat Kementerian Kominfo yakni Institute for Criminal Justice Reform (ICJR), Elsam, LBH Pers, dan Information Communication and Technology Watch. Sedangkan empat pemohon individu adalah Shelly Woyla, Damar Juniarto, Ayu Oktariani, dan Suratim.

Shelly Woyla, kata Wahyudi, adalah pengusaha yang merugi akibat pemblokiran situs oanda Padahal, kata Wahyudi, informasi kurs yang tersedia di situs itu akurat dan aktual. Shelly juga mengaku kepada Wahyudi tidak mendapat alasan mengapa akses situs tersebut dihentikan. Sedangkan Suratim merasa kehilangan referensi seputar akses tunanetra karena beberapa situs yang menyediakan informasi tersebut diblokir.

Menurut Wahyudi, pemblokiran Internet harus didasari oleh aturan setingkat undang-undang, bukan peraturan menteri, karena berkaitan dengan hak asasi manusia. Wahyudi juga menyatakan pemblokiran situs tidak boleh bersifat permanen. Koalisi juga mempermasalahkan kewenangan memblokir yang dilakukan oleh pihak swasta, yakni penyelenggara jasa Internet.

Wahyudi mengatakan seharusnya kewenangan memblokir tetap ada pada negara melalui pembentukan badan independen. “Contohnya kasus pers oleh Dewan Pers. Kasus penyiaran oleh Komisi Penyiaran Indonesia. Internet juga harus diberlakukan sama,” kata Wahyudi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s