Tanah Longsor Pemakan Korban Jiwa Terbesar di 2014


Memasuki akhir tahun, musim hujan mulai tiba. Curah hujan yang lebat menjadi salah satu penyebab terjadinya longsor. Data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), selama 2014 ini telah terjadi 337 musibah longsor yang memakan korban jiwa sebanyak 267 orang. Sehingga, hal ini harus mendapat perhatian lebih serius lagi dari seluruh pihak.

“Longsor menjadi bencana yang menimbulkan korban jiwa terbesar selama 2014. Daerah yang terlanda longsor umumnya tidak luas dan menyebar luas di seluruh wilayah Indonesia yang bertopografi curam,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, melalui pesan singkatnya, Minggu (23/11/2014) dini hari.

Dia mengungkapkan, mustahil bila pemerintah membangun talud di seluruh daerah rawan longsor untuk meminimalisir kejadian tersebut. Pasalnya, ada 274 kabupaten/kota tercatat ada di kategori daerah bahaya sedang-tinggi terhadap longsor di Indonesia.

“Ada 124 juta jiwa penduduk yang terpapar dari bahaya sedang-tinggi dari longsor. Umumnya korban longsor adalah masyarakat yang kelas ekonominya rendah yang menempati daerah-daerah rawan longsor. Terbatasnya kemampuan untuk memproteksi diri dan lingkungannya, menyebabkan masyarakat selalu terancam dari longsor,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s