Daftar Lima Artis Ibukota Jalan Tes HIV Secara Sembunyi Sembunyi


Lima artis Ibu Kota dikabarkan menjalani voluntary counseling test (VCT) di Kota Salatiga, Jawa Tengah. VCT adalah serangkaian tes untuk memastikan apakah seseorang sudah positif terinfeksi HIV atau tidak.

Hal itu diungkap oleh aktivis HIV/AIDS Kabupaten Semarang, Andreas Bambang Santoso (56), Kamis (27/11/2014) siang, di Ungaran. Kelima artis dari Jakarta tersebut menghubungi dirinya, yang kebetulan berdomisili di Kota Salatiga, untuk berkonsultasi mengenai seluk-beluk penyakit HIV/AIDS dan penanganannya.

Namun, Andreas yang akrab dipanggil Babe itu menolak untuk membuka indentitas kelima artis tersebut. “Mereka rela datang menemui saya untuk bertanya-tanya sekaligus tes VCT. Mungkin lebih privasi, dibandingkan seandainya berkunjung ke rumah sakit atau klinik di Jakarta,” ujar Babe.

Sebagai aktivis atau relawan HIV/AIDS yang sudah terjun ke lapangan selama berpuluh-puluh tahun, Babe sangat mengapresiasi inisiatif kelima artis tersebut. “Yang jelas privasi lebih terjaga. Guna mendukung langkah ini, saya bekerja sama dan melaporkan hasilnya ke klinik yang sudah biasa jalan bareng dengan kami,” imbuhnya.

Babe menambahkan, selama tiga bulan terakhir, dia melakukan pelayanan VCT mandiri (non-klinik). Setidaknya, ada 30 orang yang dites dan hasilnya negatif. Selain kelima artis dari Jakarta tersebut, juga terdapat seorang pramugari dari Yogyakarta dan seorang anggota TNI.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s